banner lebaran

Ribuan Umat Muslim Salat Ied di TMII

Editor: Koko Triarko

177
JAKARTA – Ribuan umat Muslim memadati area Plaza Tugu Api Pancasila Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, menunaikan salat Idul Fitri 1439 Hijriah, Jumat (15/6/2018) pagi.
Tampak hadir, Direktur Utama TMII, Tanribali Lamo, Direktur Umum TMII, Taufik Sukasah, dan mantan Direktur Umum TMII, Bambang Parikesit, Ketua Umum  Pekan Lebaran TMII, Diono dan keluarga besar TMII.
Bertindak sebagai Imam, Ustad H. Miftahurrohman, dari Kementerian Agamaserta khatib Ustad Rokimin Al Jawi.
Direktur Utama TMII, Tanribali Lamo, mengatakan, salat Idul Fitri berjamaah menjadi kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat Muslim. Tidak kecuali pelaksanaan salat ini juga dilaksanakan di Plaza Tugu Api Pancasila TMII, yang rutin setiap tahun.
“TMII tempat wisata yang dipersembahkan untuk masyarakat Indonesia, jadi sudah sewajarnya dibuka salat Ied bagi masyarakat. Lebaran terasa bermakna menjaga silaturahmi,” kata Tanri kepada Cendana News.
Dia mengatakan, apa yang telah kita dapatkan selama bulan Ramadan itu perlu dijaga untuk sebelas bulan ke depan. Baik itu dalam menjaga ibadah lebih baik lagi, menjaga sikap saling menghargai dan menghormati terhadap sesama, dan juga menjaga sikap ketika kita bekerja.
Semua itu, menurut Tanri, didasari kepada keimanan kita sebagai umat manusia. Sehingga kalau  pengelola TMII, menjalankan pekerjaan dengan hati tulus dan iklas, maka hasilnya akan baik.
“Semoga Allah SWT senantiasa mengampuni dosa dan khilaf kita. Allah SWT selamatkan bangsa dan negara kita, Indonesia,” ujarnya.
Direktur Utama TMII, Tanribali Lamo (baju koko krem/kedua dari kiri) pada pelaksanaan Salat Ied di Plaza Tugu Api Pancasila TMII, Jakarta, Jumat (15/6/2018). Foto: Sri Sugiarti
Tanri berharap, dalam pengembangan menjadikan TMII sebagai wahana toleransi dan kerukunan iman serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. TMII bermanfaat untuk kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.
Dia menjelaskan, penggunaan TMII sebagai tempat salat Ied setiap tahunnya mengingat wahana rekreasi ini berkonsep terbuka bagi masyarakat. Maka, sudah kewajiban TMII mengajak umat Muslim beribadah salat Ied di area TMII.
Usai salat Ied, manajemen TMII berlanjut mengadakan open house di Pedopo Sasono Utomo. Suasana saling memaafkan antarkeluarga besar TMII pun terlihat hikmat.
TMII sendiri langsung dioperasikan seperti biasa setelah ibadah salat Ied. Dalam suasana fitri, masyarakat yang tidak sempat pulang kampung bisa melepas kangen dengan jalan-jalan ke TMII.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.