Sandiaga Temukan Harga Daging Naik, Pedagang: Setahun Sekali Pak

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

247

JAKARTA — Menjelang Idul Fitri, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat mengunjungi salah satu pusat perbelanjaan pangan di Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat menemukan harga daging sapi yang naik.

“Rata-rata pedagang kalau ditanya jawabnya, iya Pak setahun sekali. Padahal suplainya cukup,” ujar Sandi usai memantau harga pangan.

Tak hanya daging sapi, dia juga menemukan harga cabai merah keriting, dan daging ayam mengalami kenaikan.

“Seperti cabai, khususnya cabai keriting, cabai merah keriting dan juga daging ayam ada sedikit kenaikan harga,” tuturnya.

Sandi menyebutkan, dari pengakuan pedagang, kenaikan tersebut bukan karena pasokan berkurang, melainkan pedagang memanfaatkan momen Idul Fitri yang datang setahun sekali.

“Ini yang kita ingin ubah perilaku dari pedagang dan pembeli juga bahwa dengan suplai cukup distribusi lancar terbuka berkeadilan, kita mestinya tidak mengalami fluktuasi harga jelang Lebaran,” tekan Sandiaga.

Dia menilai kenaikan harga di bawah 10 persen masih bisa ditoleransi. Namun, bukan berarti tidak akan terdampak pada konsumen. Untuk itu, Pemerintah Provinsi DKI akan menyuntikan bazar murah bekerja sama dengan Bulog.

“Kemarin (bazar murah) kita tahan karena kita tidak ingin pedagang rugi selama periode ini. Tapi kalau pedagang tidak bisa bekerja sama kami akan punya mekanisme bazar murah,” tuturnya.

Kita harapkan dalam beberapa hari ke depan jelang Lebaran bisa ditambah supply-nya. Distribusinya diperlancarkan.

Saat ini, mantan pengusaha itu, mengatakan harga komoditas masih terpantau stabil. Untuk menjaga hal tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bakal berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan Enggartiasto Lukita hingga pengepul dan pemasok.

Baca Juga
Lihat juga...