Sandiaga Uno Buka Asian Sailing Championship ke-17

Editor: Makmun Hidayat

282

JAKARTA — Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno resmi membuka test venue cabang olahraga layar Asian Games 2018 dengan diadakannya perhelatan Asian Sailing Championship ke-17 tahun 2018 di Indonesia National Sailing Center (INSC), Ancol, Jakarta Utara, Selasa (19/6/2018).

Dia pun mengatakan bersyukur bahwa Indonesia kini berkesempatan untuk menjadi tuan rumah Asian Sailing Championship. Tak hanya disitu, dia bersyukur karena kejuaran ini berlangsung selama 18-25 Juni di lahan seluas 1,4 hektar, yang baru saja selesai dibangun dengan kurun waktu kurang dari setahun.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh atlet dari Asia yang mengikuti kejuaraan. Selamat untuk Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) yang sudah menyiapkan event tingkat internasional ini,” ujar Sandiaga.

Terkait pembangunan gedung yang rampung tidak sampai satu tahun, Sandiaga mengapresiasi upaya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam menyelesaikan pembangunan sesuai dengan target.

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selalu mendukung penuh upaya pendayagunaan aset lahan milik Pemda DKI Jakarta. Dulu ini milik kita, tapi senang juga begitu melihat ada fasilitas kelas dunia bisa hadir di sini,” ungkapnya.

Dengan demikian, PORLASI yang selama 40 tahun tidak memiliki tempat berlatih yang representatif, kini dapat memiliki fasilitas bertaraf internasional. Selain itu, menurut Sandiaga kegiatan ini layak sekaligus menjadi uji coba venue.

Dalam waktu satu tahun Kementerian PUPR dan seluruh yang terlibat kini bisa hadirkan venue berkelas dunia yang berada di Ancol Barat.

“Kegiatan ini layaknya adalah sekaligus menjadi uji coba venue. Lebih dari setahun lalu belum ada tempat ini. Tapi ternyata dalam waktu satu tahun Kementerian PUPR dan seluruh yang terlibat bersama-sama dengan kontraktor dan masyarakat dan juga dari Kemenpora, kita bisa hadirkan venue berkelas dunia ada di Ancol Barat ini. InsyaAllah,” sebutnya.

Mantan pengusaha itu berharap venue olahraga layar di Jakarta ini dapat mendukung prestasi atlet Indonesia dalam perhelatan Asian Games mendatang. Dia juga berharap kejuaraan Asian Sailing Championship yang akan berlangsung dapat mempromosikan pariwisata berbasis maritim di Jakarta.

“Khusus pesan saya pada atlet Indonesia, selamat berjuang, berikan yang terbaik bagi Merah Putih. Indonesia punya target dua medali, InsyaAllah kita menangkan medali emas untuk Ibu Pertiwi,” harapnya.

Selain itu, Sandiaga turut menjelaskan gelaran Asian Sailing Championship ke-17 ini diikuti oleh sekitar 240 atlet dari 16 negara yang menjadi anggota Asian Sailing Federation. Kejuaraan tersebut juga melibatkan sebanyak 170 perahu yang akan mengikuti 12 kelas pertandingan.

Sementara, Ketua Umum PB PORLASI, Laksamana Muda TNI Darwanto mengatakan penyelenggaraan acara ini bertujuan untuk memperkenalkan Indonesia sebagai salah satu destinasi tingkat dunia yang layak.

“Penyelenggaraan acara ini bertujuan untuk memperkenalkan Indonesia sebagai salah satu destinasi tingkat dunia yang layak digunakan sebagai tempat lomba layar tingkat internasional,” bebernya.

Selain itu, ajang ini bukan sekedar memperebutkan gelar, melainkan sebagai ajang seleksi dan uji coba sistem serta venue pertandingan Asian Games 2018 yang akan dihelat pada bulan Agustus nanti.

Menurutnya lahan yang diibangun diatas 1,4 hektar, kini dijadikannya Pusat Layar Indonesia pertama dan terbesar di Indonesia. Dapat menampung ratusan perahu-perahu dari para peserta yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

“Kegiatan ini juga dikemas dan disinergikan dengan hiburan di panggung utama, untuk memperkenalkan olahraga layar sebagai salah satu olahraga wisata di Indonesia,” sebut Darwanto.

Diketahui, Sandiaga tiba di lokasi sekitar pukul 19.50 WIB. Begitu tiba, Sandiaga langsung disambut oleh Ketua Umum PB Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi), Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta, Ratiyono.

Sandiaga kemudian diberikan jas berwarna biru dongker. Saat memasuki area acara, Sandiaga disambut tradisi khas Betawi, palang pintu. Jagoan dari pihak penyelenggara sempat beradu pantun dan silat dengan jagoan dari Sandi.

Baca Juga
Lihat juga...