Sejumlah Toko dan Kios Pasar di Malang Masih Sepi

314

MALANG — Transaksi jual-beli di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Malang pasca dua hari setelah lebaran atau Idul Fitri 1439 Hijriah masih sepi.

Pantauan Cendana News di pasar besar Kota Kepanjen, Kabupaten Malang Jawa Timur Minggu, (17/6/2018) terlihat sejumlah toko milik pedagang masih tutup.

Muhlisan, salah seorang petugas pasar besar Kota Kepanjen mengatakan, sepinya pasar tersebut disebabkan oleh sejumlah pedagang maupun konsumen sebagian besar masih belum kembali dari aktivitas pulang kampung atau mudik di beberapa daerah di luar malang.

Akibatnya sebanyak 25 kios dari total 250 kios yang ada masih ditutup. “Kebanyakan kios pedagang yang tertutup itu kios pakaian, perabot rumah tangga yang berada di muka. Ada juga kios sembako,” ucap Muhlisan.

Muhlisan menambahkan, diprediksi sepinya aktivitas jual beli dan ditutupnya sejumlah kios di pasar terbesar di Kepanjen ini akan terjadi hingga H+7 lebaran.

Juma’ali, salah seorang petugas parkir di pasar besar Kota Kepanjen, Kabupaten Malang – Foto: Sultan Anshori

Sepinya pasar di Kepanjen tersebut juga berimbas terhadap petugas parkir yang berada di pasar tersebut. Juma’ali, salah seorang petugas parkir menceritakan sepinya aktivitas jual beli ini terjadi sejak hari lebaran atau tepatnya di hari Jumat (15/6/2018) kemarin.

Ia menjelaskan akibat sepinya pembeli yang mengunjungi pasar berimbas terhadap omzet pendapatan. Juma’ali menceritakan, jika dihari biasa ia bisa mendapatkan penghasilan hingga 250 ribu perhari, namun sekarang hanya 50 ribu yang ia dapat.

“Biasanya ramai mas, tapi sekarang ya sepi begini. Karena tidak ada pembeli ke pasar,” ucap bapak dua anak ini.

Sepinya aktivitas masyarakat tidak hanya terjadi di pasar. Dari pantauan Cendana News, hal tersebut juga terjadi sejumlah toko yang berada di beberapa ruas jalan di Kota Kepanjen Malang.

Tidak nampak aktivitas jual-beli seperti hari-hari biasanya dimana banyak masyarakat yang datang silih berganti untuk berbelanja ke sejumlah toko yang ada di kawasan tersebut. Hanya terlihat kendaraan baik kendaraan umum maupun pribadi yang lalu lalang di jalanan tersebut.

Baca Juga
Lihat juga...