Selama Lebaran Tol Solo-Ngawi Digratiskan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

362

SOLO — Tol Solo-Kertosono (Soker) ruas Ngasem, Karanganyar, Jawa Tengah hingga Ngawi, Jawa Timur, mulai Jumat (8/6) dioperasikan untuk arus mudik lebaran. Selama musim lebaran, pihak pengelola tol menyatakan kendaraan yang melintas tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Pernyataan ini disampaikan Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), David Wijayanto saat persiapan pembukaan tol Solo -Ngawi, pada Kamis (7/6/2018). Ruas tol sepanjang 90 kilometer itu akan dibuka selama 24 jam.

“Untuk operasional Ngasem hingga Ngawi kita buka selama 24 jam. Pemudik juga belum dikenakan biaya alias gratis. Tapi kalau sudah sampai Ngawi mau melanjutkan sudah berbayar,” ucap David kepada awak media, yang ikut pemantuan hingga di ruas tol Kabupaten Semarang.

Alasan masih digratiskannya ruas tol Solo-Ngawi karena pihak JSN belum memiliki standar tarif yang dikeluarkan. Hal ini karena pemerintah melalui Kementerian BUMN belum mengeluarkan Peraturan Kementerian yang mengatur perihal tarif tol Solo-Ngawi.

Selama operasional lebaran, JSN juga memberikan batas kecepatan maksimal pengendara. Yakni berkisar antara 80 kilometer per jam.

“Untuk ruas Ngasem sampai Karanganyar maksimal kecepatannya 80 Km per jam, Kalau Karanganyar sampai Sragen bisa 100 jam. Tapi memasuki Sragen hingga Ngawi maksimal 80 km per jam,” terangnya.

Pintu Tol Solo – Ngawi di Ngemplak, Boyolali. Foto: Harun Alrosid

Dibukanya tol Solo-Ngawi ini akan berlangsung mulai 8 -17 Juni untuk arus mudik, sedangkan untuk arus balik akan dibuka pada 18-24 Juni.

Selain tol Solo – Ngawi, pihak JSN juga membuka tol Salatiga-Colomadu. Namun dibukanya ruas tol Salatiga hingga Colomadu, Karanganyar ini masih sebatas operasional, karena beberapa titik masih ada masih pengerjaan.

“Untuk yang Salatiga hingga Colomadu kita hanya buka satu jalur saja. Inipun juga kami batasi, yakni dibuka pada pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Namun jika dalam kondisi darurat bisa kita buka hingga pukul 21.00 WIB,” urai David.

Kondisi darurat imbuhnya, jika jalur utama arus mudik yakni sekitar bawen, salatiga mengalami macet yang cukup parah. Pihak JSN bisa memberikan akses pintu tol hingga pukul 21.00 WIB.

Selama arus mudik lebaran, pihaknya juga menyiapkan sejumlah rest area di sepanjang tol Solo-Ngawi. Koordinasi dengan Korlantas Polda Jateng dalam mengawal jalannya arus mudik lebaran tahun ini juga tetap dilakukan.

Baca Juga
Lihat juga...