Soto Ayam Plus Ceker, Wajib Dicoba Pecinta Kuliner

Editor: Satmoko Budi Santoso

329

BALIKPAPAN – Bagi Anda pecinta kuliner Nusantara tentu sudah tidak asing dengan menu satu ini yaitu soto. Berbagai jenis soto mampu dihidangkan di Nusantara tercinta seperti soto daging, soto padang, soto tangkar, soto sapi atau soto madura yang hadir dengan berbagai cita rasa berbeda.

Bagi Anda pecinta kuliner tentu pernah merasakan atau mendengar hidangan soto ayam plus ceker. Memang sebagian orang tak menyukai cakar ayam. Tapi sebagian orang atau pecinta kuliner juga menyukai soto ayam yang dilengkapi dengan cakar ayam.

Soto dan ayam adalah pasangan serasi apalagi ditambah dengan ceker yang gurih maka akan sangat sempurna sekali. Penganan yang lagi tren di Nusantara ini membanjiri ragam kuliner Indonesia untuk menu soto ayam. Bahkan bagi pecinta kuliner untuk memperoleh soto ayam plus ceker ini juga masih sulit karena tak banyak yang menyediakan.

Salah seorang pemilik warung soto ayam plus ceker, Etty. Foto: Ferry Cahyanti

Di Kota Balikpapan, soto ayam plus ceker ini bisa diperoleh di kawasan Jalan Ruhui Rahayu yang tak jauh dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Setelah memperoleh warung soto ayam plus ceker, akan melihat ramainya suasana warung soto karena ternyata penggemar soto ayam ceker sangat banyak.

Soto ayam dengan kuah yang gurih khas kaldu ayam segar ditambah dengan ceker menjadi khas soto dan menggoda lidah para pecinta kuliner soto untuk tak bosan-bosan mendatangi warung soto di Nusantara.

“Saya sering ke soto ayam plus ceker sejak dinas di Balikpapan. Meskipun sendiri tak ada teman. Kalau ingin merasakan nikmatnya soto ayam ceker bisa datang ke warung soto ini,” ungkap Sri, salah seorang pengunjung yang menikmati soto ayam ceker, Sabtu (23/6/2018).

Sebagai pecinta kuliner, Sri mengaku sangat menyukai kuliner soto jawa apalagi dengan ceker menambah cita rasa sebagai pelengkap lauk. “Ceker yang disajikan sangat empuk, sehingga tulangnya sangat renyah. Ditambah kerupuk udang terasa sangat lengkap untuk merasakan soto ayam ceker. Apalagi saat pada pagi hari dan siang hari,” beber perempuan asal Malang, Jawa Timur.

Suasana warung soto ayam ceker – Foto Ferry Cahyanti

Terpisah, pemilik warung soto ayam plus ceker, Etty mengatakan, soto ayam plus ceker hadir sejak lebih dari lima tahun yang lalu. “Awalnya suka dengan ceker ayam dan akhirnya mencoba buka soto ayam plus ceker. Ternyata banyak penyuka soto ayam ceker,” jelasnya, sembari melayani pelanggan.

Ia menerangkan, bagi pecinta kuliner soto yang tidak begitu suka dengan ceker juga disediakan, bahkan harganya juga berbeda. Sehingga pengunjung yang datang dapat memilih.

“Kalau soto ayam plus ceker cukup merogoh Rp21 ribu dan tanpa ceker diberikan harga Rp16 ribu,” imbuhnya.

Bagi Anda pecinta kuliner soto ayam plus ceker, bisa hanya merogoh uang sekitar Rp25 ribu untuk makan dan minum plus kerupuk.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.