Sudah Sebulan Lebih, Sampah Menumpuk di Pasar Alok

Editor: Mahadeva WS

215

MAUMERE – Sampah plastik dan sisa-sisa barang dagangan seperti sayur buah-buahan terlihat menumpuk di los pasar Alok Maumere. Informasi menyebut, sudah sebulan lebih sampah tersebut menumpuk.

Sampah yang belum diangkut petugas tersebut menimbulkan bau yang mengganggu kenyamanan pedagang dan pengunjung pasar. “Sudah sebulan lebih sampah ini dibiarkan menumpuk oleh petugas pasar tanpa pernah diangkut. Kalau yang di depan los kadang setiap hari diangkut tetapi terkadang beberapa hari baru diangkut,” sebut salah seorang pedagang Ratna,Selasa (5/6/2018).

Ratna yang berjualan persis di dekat tempat sampah menyebut, penumpukan sampah tersebut dirasakan dalam kurun waktu dua bulan terakhir. Pedagang sudah mengeluhkan hal itu kepada petugas yang setiap hari berkeliling menagih retribusi ke pedagang.

Ratna salah seorang pedagang sayur dan bumbu dapur yang berjualan di dekat lokasi menumpuknya sampah di pasar Alok Maumere. Foto : Ebed de Rosary

“Kami sudah sering mengeluhkannya saat petugas datang menarik retribusi setiap hari tetapi terkadang mereka hanya mengiyakan saja dan tidak ada tindak lanjutnya,” sesalnya.

Ratna berharap, petugas pasar segera melakukan penataan dan menjaga kebersihan pasar. Hal itu untuk memberikan kenyamanan kepada pembeli yang datang. Pembeli menjadi tidak merasa jijik karena mencium bau tidak sedap akibat sampah yang berserakan karena dibiarkan menumpuk berbulan-bulan.

Pedagang lainnya Firmina juga mengeluhkan hal senada. Menurutnya, sampah di samping jalan di beberapa los pasar juga terkadang dibiarkan hingga berhari-hari baru diangkat. Sementara pedagang rutin membayar iuran. “Petugas pasar hanya mengejar pendapatan saja sementara kebersihan pasar dan MCK tidak diperhatikan. Air bersih tidak pernah ada tetapi keluhan pedagang sepertinya dianggap angin lalu saja,” ketusnya.

Firmina berharap kondisi Pasar Alok yang semrawut dapat segera diperbaiki dan ditata lebih baik. Untuk persoalan sampah, diharapkan disediakan kontainer sampah agar ada tempat untuk menampung sampah apalagi sayur dan buah-buahan yang cepat membusuk.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.