Swiss Melaju 16 Besar Piala Dunia, Bertemu Swedia

234

MOSKOW — Swiss bermain imbang 2-2 dengan Kosta Rika pada pertandingan terakhir Grup E di Nizhny Novgorod pada Rabu (Kamis dini hari WIB), yang membuat tim asal Eropa tersebut melaju ke 16 besar Piala Dunia untuk menghadapi Swedia.

Perhatian pra-pertandingan tertuju pada perayaan bermuatan politik Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri dalam pertandingan sebelumnya, dan pada Kosta Rika yang menjadi satu-satunya tim yang belum mencetak gol pada turnamen tersebut.

Tapi kali ini, Swiss mempertahankan fokus mereka murni pada pertandingan dan meraih keunggulan pada menit ke-31 saat pemain depan Blerim Dzemaili melepaskan tembakan yang melewati kiper Kosta Rika Keylor Navas dari jarak dekat, menyusul sundulan ke bawah dari Breel Embolo.

Kosta Rika yang sudah dipastikan tersinkir dari persaingan, sempat dua kali membentur tiang gawang saat gagal memanfaatkan peluang dalam 15 menit pertama yang membuat frustrasi di Nizhny Novgorod Stadium di tepi sungai Volga.

Tapi tim Amerika Tengah itu akhirnya menciptakan gol pertamanya di Rusia saat bek Kendall Waston menjebol gawang dari sepak pojok Joel Campbell pada menit ke-56, memicu perayaan meriah dari para pendukungnya seolah mereka memenangi trofi.

Pemain pengganti Josip Drmic menciptakan gol kedua timnya pada menit ke-88, sebelum Bryan Ruiz mengeksekusi tembakan penalti pada saat waktu tambahan yang membentur mistar gawang dan kemudian masuk ke gawang setelah mengenai punggung kiper Yann Sommer.

Namun ada hal kurang menyenangkan bagi Swiss saat kapten Stephan Lichtsteiner, yang memberikan umpan silang untuk gol pertama mereka, mendapat kartu kuning kedua, yang berarti dia akan melewatkan pertandingan di babak sistem gugur melawan Swedia pada Selasa mendatang di St Petersburg.

Meskipun larut dalam kegembiraan karena mencetak gol, secara keseluruhan pencapaian Kosta Rika pada turnamen itu mengecewakan bagi para pendukungnya dan sangat jauh dari laju mereka pada 2014 ke perempat final saat mereka kalah dalam adu penalti.

Swiss, yang dimotori oleh Shaqiri, mengakhiri Grup E di posisi kedua di bawah Brazil, yang mengalahkan Serbia 2-0 untuk memuncaki klasemen grup tersebut. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.