banner lebaran

Tabur Puja Padang bagikan 33 Paket Lebaran untuk Posdaya

Editor: Satmoko

136

PADANG – Tabur Puja Padang, Sumatera Barat, mendatangi seluruh Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) menjelang Lebaran tahun 2018 ini. Ada 33 Posdaya yang didatangi Tabur Puja bersama Koperasi Serba Usaha (KSU) Dewantara Ranah Minang untuk membagikan paket Lebaran.

Manajer Tabur Puja Padang, Indra mengatakan, yang diberikan itu per paket untuk satu Posdaya. Alasan memberikan hanya untuk satu paket, karena paket itu menjadi salah satu bentuk kepedulian Tabur Puja kepada setiap Posdaya. Paket yang diberikan itu, akan dinikmati bersama di saat dilangsungkannya hari kas.

“Biasanya di hari kas kan ramai yang datang. Dalam paket itu kan ada sirup dan jenis makanan ringan dan yang lainnya. Jadi bisa dihidangkan bagi masyarakat yang datang ke Posdaya,” katanya, Sabtu (9/6/2018).

Ia menyebutkan, kegiatan bagi-bagi paket Lebaran memang rutin diselenggarakan setiap tahun. Tahun ini merupakan tahun kelima Tabur Puja bersama Posdaya menjalani masa-masa Ramadan dan Lebaran. Banyak hal yang telah dilalui dengan waktu tahun kelima ini.

Menurutnya, acara pembagian paket Lebaran tersebut tidak hanya sekadar memberikan paket. Tapi juga turut membicarakan dan diskusi dengan setiap pengurus Posdaya, terkait perkembangan Posdaya dan Tabur Puja di kalangan masyarakat.

Alhasil, kini keberadaan Tabur Puja sudah dirasakan dengan baik oleh masyarakat yang telah menikmati pinjaman modal usaha dengan dana awal Rp2 juta.

Selain itu, Indra juga menyampaikan kepada pengurus Tabur Puja agar bisa mengantisipasi persoalan tunggakan yang terus terjadi usai libur Lebaran. Meski layanan kas tetap jalan selama libur Lebaran, tunggakan kredit dari masyarakat sudah sering terjadi usai libur Lebaran.

“Memang persoalan yang dihadapi Posdaya usai Lebaran itu tunggakan. Karena uang yang dimiliki oleh anggota kemungkinan telah menipis untuk belanja selama libur Lebaran,” ujarnya.

Ia mengaku, tidak bisa berbuat banyak apabila terjadi tunggakan oleh anggota usai Lebaran itu. Namun, hal yang bisa diatasi ialah pengurus Posdaya mengingatkan kepada anggota untuk membayarkan kredit secara rapel, sehingga usai Lebaran tidak bayar pinjaman ke Posdaya.

Kedatangan Tabur Puja bersama KSU Derami ke 33 Posdaya di Padang ini, juga seiring bersilaturahmi antara pengurus Posdaya dan pengurus Tabur Puja. Momen menjelang Lebaran adalah momen untuk saling bermaafan, supaya hubungan yang baik terus terjadi, meski ada persoalan kredit macet tersebut.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.