Tempat Wisata di Jakarta Siap Sambut Libur Lebaran

Editor: Mahadeva WS

324

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno telah menginstruksikan kepada pengelola tempat wisata untuk mempersiapkan diri menyambut libur lebaran. Selama libur tempat wisata di Jakarta tetap akan ramai oleh masyarakat yang tidak pulang kampung. 

“Semua titik-titik tersebut kita koordinasi supaya pelayanan untuk publik diutamakan kenyamanan, ketertiban, dan keamanannya. Pelayanan untuk pengunjung dipastikan optimal,” ucap Sandiaga, Selasa (12/6/2018).

Sejumlah tempat wisata akan dikunjungi langsung oleh orang nomor dua di Pemprov DKI tersebut. Rencananya, kegiatan peninjauan juga akan dilakukan pada Rabu (13/6/2018). “Sudah, saya instruksi ke Ancol. Rabu (13/6/2018) saya akan pastikan kesiapannya,” ujar Sandiaga.

Menghadapi libur hari raya Idul Fitri, seluruh pengelola tempat wisata di Jakarta telah memastikan kesiapannya. Berkaca pada kondisi tahun sebelumnya, sejumlah tempat wisata di Jakarta dipastikan diserbu pengunjung. Salah satu yang paling banyak menyedot warga berwisata adalah Taman Impian Jaya Ancol, Taman Margasatwa Ragunan serta Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Sebagai Ibukota Indonesia, Jakarta menjadi salah satu destinasi wisata pilihan para turis dari berbagai kota lain. Jakarta menjadi salah satu pilihan tempat liburan paling populer ketika libur lebaran maupun libur sekolah.

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Pariwisata, Rizki Handayani mengatakan, pengelola tempat wisata sering mengabaikan ketersediaan ruang laktasi. Padahal, ketersediaan ruang laktasi merupakan hak bagi kaum ibu demi kenyamanan saat berlibur.

“Animo masyarakat ke tempat wisata itu pasti sangat tinggi, di situlah kami meminta agar penyedia tempat wisata tidak hanya meningkatkan wisata mereka itu sendiri tapi juga perlu diperhatikan bagaimana ketersediaan ruang laktasi bagi ibu,” ujar Rizki.

Selain itu, pengelola harus memperhatikan sarana toilet. Pada saat libur lebaran, perbandingan jumlah anak-anak sangat banyak ketimbang orang dewasa. Pengelola tempat wisata diminta menyediakan toilet ramah anak yang kebersihannya terjaga.

Baca Juga
Lihat juga...