hut

Tiga Insinyur Turki yang Diculik, Dibebaskan di Libya

Ilustrasi wilayah Turki-Foto: Dokumentasi CDN

TRIPOLI – Tiga insinyur Turki yang diculik pada tahun lalu di kota Ubari, Libya selatan, dibebaskan, kata perwakilan pemerintah Libya. Pembebasan itu berkat dukungan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pada November, kelompok bersenjata menculik empat insinyur, tiga dari Turki dan satu dari Afrika Selatan. Insinyur itu bekerja untuk perusahaan Turki Enka menggarap pembangkit listrik 640 MW di Ubari di pedalaman selatan Libya.

Nasib insinyur asal Afrika Selatan sendiri tidak diketahui.

“Tiga insinyur Turki telah dibebaskan,” kata pernyataan pemerintah, yang bermarkas di Tripoli, dengan menambahkan bahwa mereka akan diterbangkan ke Turki melalui Tripoli. Mereka dibebaskan pada Sabtu.

Penculikan meluas di Libya, terutama di daerah tidak bertuan di selatan. Pekerjaan di pembangkit listrik Ubari telah berlangsung bertahun-tahun dan dalam tahap akhir ketika penculikan itu terjadi.

Sepekan sesudah keempat insinyur itu diculik, perusahaan tersebut mengungsikan 93 pekerjanya dari Libya.

Pekerjaan di pembangkit listrik dihentikan sejak saat itu, yang menjadi pukulan untuk upaya memikat kembali perusahaan asing.

Sebagian besar perusahaan asing menjauh dari Libya karena masalah keamanan menyusul penggulingan dukungan NATO terhadap Muammar Qaddafi pada 2011. (Ant)

Lihat juga...