Tim SAR Manokwari Siaga Penuh Amankan Lebaran

266
Tim SAR, ilustrasi - Dok: CDN
MANOKWARI – Tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari, Papua Barat, melaksanakan siaga penuh untuk mengantisipasi kecelakaan selama masa libur lebaran 2018.
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari, Ludi Yanto, mengatakan, selain personel, pihaknya juga menurunkan armada pendukung operasi.
Pada masa libur lebaran ini, sebutnya, penempatan personel difokuskan pada tempat rekreasi, pelabuhan, bandar udara, serta posko pengamanan lebaran 2018.
“Terutama di tempat rekreasi, apalagi sebagian besar tempat rekreasi di wilayah kita ada pantai. Mengisi masa liburan masyarakat berbondong-bondong memadati tempat wisata,” kata Ludy, Selasa (19/6/2018).
Siaga juga dilakukan terutama di Manokwari dan Teluk Wondama. Antisipasi kecelakaan dilakukan pada arus mudik dan balik.
Ia menyebutkan, saat ini arus balik dari Manokwari sudah mulai terlihat, terutama yang memanfaakan moda transportasi jalur laut.
Pada Senin (18/6), lanjut Ludy, KM Sirimau keluar dari Manokwari membawa sekitar 707 penumpang. Saat itu, personelnya mengevakuasi satu penumpang yang mengidap sakit epilepsi untuk naik kapal.
“Belum ada lonjakan penumpang, baik pelabuhan maupun bandara. Sejauh ini Manokwari, Manokwari Selatan, Teluk Wondama dan Teluk Bintuni masih cukup kondusif. Belum ada peristiwa menonjol,” ujarnya.
Ludy menambahkan, penempatan personel dan armada operasi akan dilakukan hingga puncak arus balik lebaran. Koordinasi pun rutin dilakukan, baik kepada Kepolisian, TNI, Perhubungan maupun instansi terkait lainya.
“Kita semua tentu berharap, aktivitas mudik dan liburan masyarakat berjalan lancar. Kerja sama antar instansi sudah terjalin cukup bagus,” pungkasnya. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...