Tujuh Narapidana Rutan Maumere Dapat Remisi Idulfitri

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

202
Kepala Rutan Maumere Parman Seran, SH. Foto : Ebed de Rosary

MAUMERE — Sebanyak tujuh warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang beragama Islam dan sedang menjalani hukuman di Rumah Tahanan (Rutan) Maumere mendapat remisi saat hari raya Idulfitri 1439 H dengan besaran antara 15 hari hingga satu bulan.

“Memang di Rutan Maumere ada 15 orang yang beragama Islam namun delapan orang lainnya merupakan tahanan titipan dan belum mendapatkan putusan pengadilan,” ungkap kepala Rutan Maumere, Parman Seran, SH, Jumat (15/6/2018).

Dikatakan, para warga binaan ini, menjalani hukuman kurungan dari satu hingga sepuluh tahun dan tidak ada yang langsung bebas dengan adanya pengurangan hukuman ini.

“Dengan adanya pengurangan hukuman ini tolong diperhatikan agar menjaga perilaku agar mendapatkan remisi lagi nanti di tanggal 17 Agustus saat perayaan HUT Kemerdekaan RI,” harapnya.

Jumlah tahanan yang saat ini menghuni Rutan Kelas IIB Maumere berjumlah 155 orang dimana terdapat 10 tahanan di antaranya perempuan.

AS, salah seorang narapidana yang mendapatkan remisi 15 hari mengaku sangat bersyukur sehingga bisa mengurangi hukuman yang diterimanya selama setahun lebih.

“Selama saya berada di Rutan Maumere suasananya sangat aman dan kondusif, tidak ada perkelahian antarnarapidana,” ungkapnya.

Rutan Maumere saat ini memiliki lima blok dimana daya tampung setiap blok berbeda disesuaikan dengan ukurannya. Ada blok yang dihuni 20 napi dan ada yang dihuni 30 narapidana.

Lihat juga...

Isi komentar yuk