UNISKA Tambah Program S2 Pertanian

Editor: Mahadeva WS

290
Rektor UNISKA Abdul Malik PHD (kiri) - Foto Arief Rahman

BANJARMASIN – Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al-Banjari menambah Program Studi Strata Dua (Prodi S2) Fakultas Pertanian. Prodi tersebut sudah disetujui oleh Kementrian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Dengan penambahan tersebut, UNISKA sudah memiliki kurang lebih empat Prodi S2. “Sebelumnya kan sudah lebih dulu Magister Managemen, lalu Magister Komunikasi, kemudian Magister Administrasi Publik dan terbaru kita sudah punya Magister Pertanian,” jelas Rektor UNISKA Abdul Malik PHD, Kamis (28/6/2018).

Abdul Malik mengklaim, Program Magister Pertanian di UNISKA masih merupakan yang satu-satunya yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi Swasta di Kalimantan. “Yang lain boleh dibilang tidak ada, masih kita sendiri yang punya. Kita harapkan dengan izin yang sudah keluar maka mulai semester depan kita sudah bisa menerima mahasiswa baru untuk Magister Pertanian,”  tambahnya.

Kehadiran Magister Pertanian, diharapkan dapat menjadikan UNISKA ikut berkontribusi menciptakan sarjana pertanian yang berkualitas dan berwawasan kekinian. Sarjana pertanian yang bisa mendorong sektor pertanian Kalsel lebih maju lagi.

Kalsel disebutnya, memiliki sektor pertanian yang berpotensi untuk makin berkembang. “Agar ini bisa terwujud tentunya diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Nah UNISKA ingin ikut berkontribusi dalam hal pemenuhan SDMnya,” tegasnya.

Direncanakan, UNISKA akan terus menambah jurusan magister hingga mencapai 24 prodi sama dengan yang ada di program S1. Agar hal tersebut bisa terwujud, UNISKA terus melakukan pembenahan. Salah satunya dengan menyekolahkan dosen-dosen potensial ke luar daerah bahkan luar negeri untuk menambah jumlah dosen bertitel S3.

Baca Juga
Lihat juga...