Usai Lebaran, Hujan Guyur Sejumlah Daerah di Sumbar

Editor: Satmoko Budi Santoso

260
Salah seorang pengendara motor, Rizal, berupaya memarkirkan kendaraan ketika hujan dengan intensitas sedang menyambut dalam perjalanan menuju Painan Kabupaten Pesisir Selatan /Foto: M. Noli Hendra

PADANG – Hujan dengan intensitas sedang melanda sejumlah daerah di Sumatera Barat. Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga tiga hari ke depan.

Salah seorang pengendara yang mengaku masih melakukan Lebaran di akhir pekan ini, terpaksa berhenti di jalan beberapa kali untuk berteduh, karena hujan yang turun cukup lebat.

“Saya dari Kota Padang mau menuju tempat wisata Pantai Cerocok Painan. Kalau dari Padang sudah rinai, pas masuk perbatasan Kabupaten Pesisir Selatan, hujan ringan mulai turun,” ucap Rizal.

Terkait kondisi cuaca hujan yang mulai mengguyur wilayah Sumatera Barat, Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Minangkabau Padang, Yudha Nugraha menjelaskan, berdasarkan pantauan pagi tadi, Sabtu (23/6/2018), awan hitam mulai menyelimuti sejumlah daerah di Sumatera Barat.

Ia menyebutkan, untuk prakiraan cuaca di Sumatera Barat pada hari ini 23 Juni 2018, dari pagi hari tadi terlihat berawan, kondisi terlihat di daerah Kabupaten Pasaman Barat.

Sementara di waktu siang-sore hari, hujan ringan – sedang disertai petir/kilat terlihat di Kota Padang, Solok, Pariaman, Solok Selatan, dan Bukittinggi. Lalu potensi hujan sedang juga terlihat di Dharmasraya, Payakumbuh, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Pasaman, dan Agam.

“Daerah yang terpantau tidak diguyur hujan yakni di Kota Sawahlunto,” katanya, ketika dihubungi dari Padang, Sabtu.

Menurutnya, kondisi hujan tidak hanya berpotensi di siang – sore hari. Namun pada malam hari, hujan ringan – sedang kembali terjadi di Padang, Dharmasraya, Solok Selatan, dan Agam. Sedangkan Kabupaten Kepulauan Mentawai terpantau cuaca berawan.

“Kalau esok hari hujan ringan-sedang akan turun di malam hari yang berada di Kabupaten Dharmasraya, Solok, Solok Selatan, Padang, Sijunjung, Bukittinggi, dan Tanah Datar, dengan suhu udara 18-31 ◦C dengan kecepatan angin normal yakni 15 kilogram per jam,” ujarnya.

Melihat kondisi ini, BMKG Stasiun Minangkabau Padang mengimbau kepada pengendara untuk berhati-hati dalam melakukan perjalanan. Karena dengan kondisi hujan, ada kemungkinan bisa terjadi longsor di jalanan.

Hal itu juga mengingat, wilayah Sumatera Barat memiliki beberapa titik rawan banjir dan longsor. Seperti di Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang di Bungus, Kabupaten Solok di Panamora, arah jalan Bukittinggi – Pasaman, dan dari Kabupaten Agam – Pasaman Barat.

Baca Juga
Lihat juga...