Vettel Dihukum Setelah Bertubrukan dengan Bottas di GP Prancis

263

LE CASTELLET — Pemuncak klasemen Formula 1 yang membela Ferrari, Sebastian Vettel, mendapat penalti lima detik karena bertubrukan dengan pebalap Mercedes, Valtteri Bottas, pada lap pembukaan Grand Prix Prancis, Minggu (24/6/2018).

Insiden itu membuat kedua pebalap harus memasuki pitstop. Pebalap asal Jerman Vettel unggul satu poin atas rekan setim Bottas, Lewis Hamilton, menuju balapan perdana di Prancis dalam satu dekade.

Hamilton memulai balapan dari posisi terdepan dan sedang unggul ketika safety car masuk trek selama empat lap.

Tabrakan lain yang terjadi pada lap pertama di Le Castellet membuat dua dari tiga pebalap asal Prancis tidak dapat meneruskan balapan, di mana pebalap Force India Esteban Ocon dan pebalap Toro Rosso menjadi korbannya.

“Steward” mengumumkan investigasi secepatnya terhadap tubrukan antara Bottas dan Vettel, di mana video tayangan ulang memperlihatkan pebalap Jerman itu menghantam bagian belakang mobil pebalap Finlandia ketika keduanya berduel mencari posisi.

Vettel kembali ke pit untuk mengganti sayap depan, sedangkan Bottas mengalami kerusakan di tiga roda dan velg dengan ban yang juga rusak.

“Tikungan pertama tidak ada kaitannya dengan saya, kan?” kata Hamilton melalui radio tim.

Vettel naik ke urutan ke-11 pada akhir lap kesembilan, sebelum mendapat penalti, sedangkan Bottas di urutan ke-14. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...