Volume Kendaraan di Ruas Jalan Ajibarang-Brebes, Meningkat

220
Ilustrasi - Kendaraan mudik - Dok CDN

BANYUMAS  – Volume kendaraan di ruas jalan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, menuju Brebes yang merupakan jalan penghubung jalur selatan Jawa Tengah dengan jalur pantai utara meningkat pada H+3 Lebaran 2018.

Pantauan  di simpang tiga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Ajibarang, Minggu petang, arus kendaraan yang datang dari arah Wangon atau jalur selatan maupun dari arah Purwokerto atau jalur tengah Jateng tampak tersendat.

Bahkan, arus kendaraan yang datang dari kedua arah tersebut harus mengantre ketika hendak memasuki ruas jalan Ajibarang-Brebes karena volume kendaraan yang datang dari arah sebaliknya juga terpantau cukup padat.

Di tengah-tengah kemacetan yang terjadi di simpang tiga SPBU Ajibarang, tim pengurai dari Satuan Polisi Lalu Lintas Kepolisian Resor Banyumas tampak meluncur ke arah utara atau perbatasan Kabupaten Banyumas dan Brebes guna mengurai kemacetan di jalan penghubung jalur selatan dengan jalur pantura itu.

Saat ditemui di Pos Pengamanan Simpang Tiga SPBU Ajibarang, Koordinator Kepala Pospam Ajibarang Ajun Komisaris Polisi Supardi mengakui jika volume kendaraan yang melintas di ruas jalan Ajibarang-Brebes mengalami peningkatan.

“Hari kemarin (H2 Lebaran, red.) masih sepi, masih lancar. Hari Minggu (17/6) ini, mungkin banyak yang akan kembali ke Jakarta sehingga volume kendaraan cukup banyak yang bergerak dari arah selatan menuju utara,” katanya.

Sementara itu, kata dia, arus kendaraan dari arah utara yang diperkirakan merupakan rombongan wisatawan yang baru pulang berwisata di Waduk Penjalin, Kabupaten Brebes, juga cukup banyak sehingga arus kendaraan yang melintas padat merayap.

Kendati demikian, dia mengatakan kondisi tersebut tidak mengakibatkan terjadinya kemacetan total di ruas jalan Ajibarang-Brebes.

Ia mengharapkan kepadatan arus kendaraan di ruas jalan Ajibarang-Brebes dapat segera terurai.

Dalam kesempatan terpisah, salah seorang pemudik, Hendro mengaku sengaja memanfaatkan arus balik pada H+3 Lebaran atau Minggu (17/6) untuk kembali ke Jakarta dengan harapan bisa terhindar dari kemacetan.

“Namun ternyata di sini (Ajibarang, red) malah terjadi kemacetan. Semoga nanti setelah melewati Bumiayu, arus kendaraannya lancar,” kata dia yang baru mudik dari Banjarnegara. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...