Warga Kepanjen Malang Gelar Takbir Keliling

Editor: Mahadeva WS

454

MALANG – Warga Desa Panggung Rejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang mempunyai cara sendiri untuk menyambut 1 Syawal 1439 Hijriah. Warga menggelar takbir keliling kampung dengan disertai iringan sound sistem bersuara gemuruh takbir.

Ketua Panitia Edy Yuliono mengatakan, kegiatan tersebut rutin digelar sebagai ucapan syukur atas pelaksanaan puasa yang sudah dijalani. Pelaksanaanya menjadi ajang silaturahmi masyarakat dan jemaah musala yang ada di Desa Panggung Rejo. “Kegiatan ini kami gelar rutin setiap tahun dan ini sudah kali ke empat,” Ucap Edy yang ditemui Cendana News, Kamis (15/6/2018) malam.

Total peserta yang terlibat dalam kegiatan takbir keliling adalah jemaah dari 15 musala. Setiap musala mengirimkan, 50 orang santri. Sedangkan untuk rute mengelilingi Desa Panggung Rejo. Start dan finnis di Masjid Nurul Anwar Desa Panggungrejo.

Agar suasana meriah, takbir keliling tahun ini, peserta juga menampilkan replika Ka’bah yang terbuat dari kain dengan ukuran 2×2 meter. Tidak hanya itu, ratusan lampion dengan tulisan kaligrafi juga turut memeriahkan malam takbir bagi umat muslim tersebut.

Uniknya lagi, setiap jemaah musala dengan inisiatif sendiri menampilkan soundsistem untuk di arak keliling kampung selama pawai berlangsung. “Nantinya pawai serta penampilan lampion tersebut akan dilakukan penilaian, dimana para pemenang akan diberikan hadiah berupa perbaikan fasilitas infrastruktur musallah,” imbuh Edy.

Kegiatan pawai atau takbir keliling kampung membuat suasana Desa Panggungrejo, Panjen Malang meriah. Suara takbir serta indahnya lampion kaligrafi semakin mempercantik jalannya takbir keliling.

Salah seorang warga Dusun Tula’an Desa Panggungrejo Panjen Malang Zubaedah mengaku senang melihat takbir keliling tersebut. Hal tersebut bisa menjadi hiburan tersendiri saat merayakan malam idul fitri dikampung halamannya ini. “Kalau saya sendiri merantau ke Jakarta mas,” ucap Zubaedah.

Zubaedah berharap ia dan keluarganya serta masyarakat Desa Panggungrejo, Kepanjen Malang ini bisa mengambil makna atas pelaksanaan puasa tahun ini. Sekaligus juga berharap bisa dipertemukan lagi dengan Ramadan tahun depan.

Baca Juga
Lihat juga...