banner lebaran

Warung Cerdas Untungkan Pelaku Usaha Kecil

Editor: Koko Triarko

107
YOGYAKARTA – Masyarakat di Desa Trirenggo, Bantul, utamanya para pelaku usaha kecil, menyatakan, dibukanya Warung Cerdas sebagai salah satu unit usaha KUD Gemah Ripah Damandiri di Desa Mandiri Lestari Trirenggo, sangat membantu dalam pemenuhan stok dagangan.
Masyarakat menilai keberadaan warung yang menjual berbagai macam barang grosir kebutuhan sehari-hari itu juga sangat menguntungkan, khususnya bagi pedagang dan pelaku usaha kecil di desa tersebut.
Ignasius Wahidin, warga Dusun Nogosari, yang membuka usaha warung angkringan dan nasi soto di Lapangan Trirenggo, Bantul, mengaku sangat terbantu dengan adanya Warung Cerdas.
Ignasius Wahidin, warga Dusun Nogosari, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta. –Foto: Jatmika H Kusmargana
“Bagus. Kita sangat mendukung (dibukanya Warung Cerdas). Karena pedagang kecil seperti kita bisa kulakan di situ. Jadi, kan lebih dekat, tidak perlu jauh-jauh belanja sampai ke (kecamatan) Bantul,” katanya.
Selain itu, menurut Wahidin, harga barang yang dijual di Warung Cerdas KUD Gemah Ripah Damandiri, juga lebih murah dibandingkan harga barang di tempat kulakan lainnya. Hal itu juga dinilai menguntungkan para pelaku usaha kecil.
“Seperti gula, misalnya, di sini hanya Rp11.300 per kilogram, padahal di tempat lain Rp12.00 sampai Rp12.500. Jadi, bagi pedagang seperti kita, ya membantu sekali,” katanya.
Wahidin pun berharap, agar keberadaan Warung Cerdas KUD Gemah Ripah Damandiri bisa terus eksis, dalam memudahkan akses bagi para pedagang menyediakan barang grosir kebutuhan pokok, dengan harga murah.
“Mudah-mudahan bisa terus konsisten membantu warga maupun pelaku usaha kecil di Trirenggo,” katanya.
Warung Cerdas yang menjual berbagai macam barang grosir kebutuhan pokok sehari-hari ini sendiri, didirikan sebagai salah satu unit usaha KUD Gemah Ripah Damandiri.
Mulai diresmikan sejak 30 Mei 2018, warung ini didirikan atas bantuan pinjaman modal usaha senilai Rp250 juta dari Yayasan Damandiri, sebagai bagian program Desa Mandiri Lestari di Desa Trirenggo.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.