Wayne Rooney Lanjutkan Karir di DC United

Editor: Mahadeva WS

405
Wayne Rooney segera menjadi pemain DC United. Foto: evertonfc.com / Sodik

LIVERPOOL – Penyerang Everton, Wayne Rooney, bakal melanjutkan karirnya di Major League Soccer (MLS) Amerika serikat. Di sana, Rooney bakal membela DC United. Eks bintang Manchester United tersebut bakal resmi menjadi pemain DC United dalam waktu dekat.

Kehadiran striker berusia 32 tahun di Washington untuk melengkapi syarat formalitas kepindahannya dari Inggris. Kepindahan itu sekaligus mengakhiri karirnya di Liga Primer yang telah berjalan selama 16 tahun.

Mantan pemain Timnas Inggris itu bakal bermain untuk DC United dengan durasi kontrak 3,5 tahun. Dengan kontrak selama itu, Rooney berpeluang mengakhiri karir sepakbola profesionalnya di Amerika Serikat. Rooney telah mengantongi visa dan izin kerja dan bisa segera berlatih dengan rekan setimnya yang baru pada akhir pekan ini.

Namun demikian, Dia belum bisa melakukan debut bersama tim barunya. Rooney yang dikenal temperamental, baru bisa diturunkan setelah bursa transfer MLS dibuka pada 10 Juli mendatang.

Wayne Rooney besar bersama Everton. Mengawali karir junior bersama The Toffees, dan berlanjut ke jenjang senior bersama klub yang sama pada periode 2002-2004. Kiprah Rooney bersama Everton menarik minat Sir Alex Fergusor yang memboyongnya ke Old Trafford.

Bersama Setan Merah, Rooney bertahan hingga 2017. Tampil sebanyak 393 kali dan mencetak 183 gol. Saat mulai kesulitan mendapat tempat utama menyusul menurunnya prouktivitas, Everton yang ditukangi Sam Allardyce kembali membawa Rooney pulang hingga Rooney memutuskan hijrah ke MLS.

Rooney bukanlah pemain pertama yang hijrah dari Liga Primer ke MLS. Sebelumnya telah ada beberapa pemain yang melanjutkan karir di Amerika Serikat. Di antaranya David Beckham, Thierry Henry, Frank Lampard, Steven Gerrard, Robbie Keane, hingga Zlatan Ibrahimovic.

Selain dari Liga Primer, MLS juga menjadi rujukan bagi pemain gaek dari liga lain seperti Serie A dan La Liga. Pemain dari dua liga itu yang hijrah ke MLS antara lain David Villa, hingga Andrea Pirlo.

Lihat juga...

Isi komentar yuk