Wirausaha Beri Kesempatan Berkembang Lebih Besar

Editor: Koko Triarko

168
Sekretaris BPC HIPMI Kota Banjarmasin Andre Azhar - Foto Arief Rahman
BANJARMASIN – Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Banjarmasin, terus berupaya melakukan terobosan untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam berwirausaha.
Salah satunya dengan melakukan kerja sama ke beberapa perguruan tinggi yang ada di Kota Banjarmasin, untuk membentuk HIPMI Perguruan Tinggi (PT).
“Kita melihat, di Banjarmasin hampir sebagian besar sarjana di perguruan tinggi selalu terfokus setelah lulus untuk mencari kerja. Padahal, sebenarnya jika menjadi seorang wirausaha, kesempatan berkembang jauh lebih besar,” kata Sekretaris BPC HIPMI Kota Banjarmasin, Andre Azhar, Kamis (7/6/2018).
Karena itu, lanjutnya, kehadiran HIPMI PT diharapkan mampu menjadi wadah yang baik bagi mahasiswa, untuk memupuk minat dan membantu mahasiswa dalam berwirausaha.
“Hingga saat ini, kita sudah membentuk HIPMI PT di dua perguruan tinggi swasta di Banjarmasin, yakni UIN Antasari dan UNISKA. Ke depan tentu akan terus kita tambah lagi virus menjadi wirausaha kepada mahasiswa, agar semakin berkembang luas,” ungkapnya.
Bagi Andre, kehadiran HIPMI PT di lingkungan perguruan tinggi bukan hanya untuk membentuk komunitas wirausaha muda. Namun, bisa menjadi wadah untuk HIPMI Banjarmasin dalam menyebarkan virus kewirausahaan, baik dengan iven seminar, talkshow hingga pelatihan.
“Biasanya, jika HIPMI PT sudah terbentuk di sebuah perguruan tinggi, kita rutin mengatur jadwal bagi para anggota untuk berbagi inspirasi terkait kiat suksesnya dalam membangun usaha. Diharapkan dengan cara tersebut, mahasiswa semakin tertarik menekuni bidang wirausaha, ketimbang mencari kerja,” jelasnya.
Ditambahkan Andre, kehadiran HIPMI PT juga bisa dimanfaatkan dalam membina mahasiswa yang sedang berwirausaha, agar usahanya bisa semakin berkembang. Hal ini karena di HIPMI PT, pihaknya menyediakan layanan mentor dari para anggota HIPMI yang sudah lebih dulu sukses sesuai bidangnya.
“Ada beberapa kelompok mahasiswa yang sudah kita bina melalui HIPMI PT. Sejauh ini, usaha mereka boleh dikatakan jauh lebih berkembang ketimbang sebelum dibina oleh HIPMI,” ungkapnya.
Andre pun berharap, dengan kehadiran HIPMI PT di banyak Perguruan Tinggi di Kota Banjarmasin, bisa mendorong mewujudkan misi dari wali kota Banjarmasin Ibnu Sina untuk menciptakan setidaknya 2.500 pengusaha baru di era kepemimpinanya.
“Dengan banyaknya pengusaha baru hadir melalui HIPMI PT, bukan saja akan mendorong geliat ekonomi mikro yang semakin baik. Namun juga bisa menyerap tenaga kerja di sektor informal yang lebih besar,” pungkasnya.
Lihat juga...

Isi komentar yuk