10 Cabor Baru di Asian Games 2018, Ini Daftarnya

Editor: Mahadeva WS

181

JAKARTA – Asian Games 2018 bakal segera dimulai. Event olahraga multinasional ini bakal dihelat di Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus-2 September 2018. Secara keseluruhan ada 40 Cabang Olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan.

Dari jumlah itu, ada 10 cabang olahraga yang merupakan cabor baru. Dilansir laman resmi Asian Games, ke-10, cabor baru tersebut adalah Basket 3×3, Bridge, Jetski, Paralayang, Pencak silat, Ju Jitsu, Sambo, Kurash, Panjat Tebing, dan Rollersport.

10 cabor baru tersebut tidak seluruhnya popular di mata masyarakat. Meski ada pula jenis olahraga yang cukup spesifik seperti Jet Ski, dan Paralayang. Olahraga popular namun baru dipertandingkan di Asian Games adalah Pencak Silat dan Panjat Tebing. Basket 3×3 adalah bagian dari olahraga basket, namun hanya ada empat pemain yang terlibat, tiga di lapangan satu sebagai pemain cadangan. Lapangan yang digunakan pun hanya separuh dari lapangan basket biasa.

Sedangkan bridge merupakan permainan kartu yang dimainkan empat orang terbagi dalam dua tim. Olahraga ini dimainkan dengan satu set kartu terdiri dari 52 kartu. Bridge tidak terlihat seperti olahraga karena lebih banyak mempekerjakan otak dibanding fisik.

Kemudian ada Sambo singkatan dari SAMozashchita Bez Oruzhiya, artinya pertahanan diri tanpa senjata. Olahraga ini berkembang di Rusia pada awal 1920-an. Sambo menggabungkan teknik-teknik paling efektif dari gulat, judo, jujitsu, tinju, savate dan seni beladiri lain.

Berikutnya adalah Kurash, seni beladiri dari Uzbekistan yang menyerupai gulat dan judo. Olahraga beladiri ini memiliki gerakan dasar saling membanting dengan mengaitkan baju khusus. Kurash salah satu seni bela diri tertua di dunia, diperkirakan telah ada sejak 3.500 tahun silam.

Cabor terakhir yang belum populer adalah Rollersport. Di Asian Games 2018, rollersport meliputi cabang olahraga skateboard dan sepatu roda (rollerskate). Kedua cabor ini akan dipertandingkan di Jakabaring Sport City Roller, Palembang.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.