banner lebaran

375,1 Hektare Hutan dan Lahan di Bengkalis Terbakar dalam Setengah Tahun

144
Ilustrasi [dok. menlhk]

BENGKALIS — Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau mencatat jumlah areal kebakaran hutan dan lahan selama setengah tahun terakhir mencapai 375,1 hektare tersebat di 11 kecamatan.

“Kita telah mencatat dari 86 kejadian karhutla yang ditangani hingga Juni 2018 telah membakar lahan dan kebun masyarakat seluas 375, 1 hektare di Kabupaten Bengkalis,” ujar Pelaksana Tugas Kadis Damkar Bengkalis Djamaludin di Bengkalis, Jumat (13/7/2018).

Dia mengatakan dari 86 karhutla tersebut, terbanyak di Kecamatan Bathin Solapan (31 kejadian), Mandau (15), Rupat (8), Pinggir (7), dan Bengkalis (6).

Selain itu, di Kecamatan Bantan (4), Tualang Mandau (4), Bandar Laksamana (4), Bukitbatu (2), Siak Kecil (2), dan Rupat Utara (1).

“Karhutla yang tertinggi terjadi di Kecamatan Bathin Solapan dan Mandau, untuk itu perlu upaya pencegahan dan perhatian yang serius dari masyarakat, ” kata Djamaludin.

Selain karhutla, Damkar juga telah menangani 30 kejadian kebakaran di pemukiman rumah masyarakat yang dengan dominasi penyebabnya arus pendek listrik.

Djamaludin juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan memperhatikan seluruh peralatan yang memakai listrik dan kompor tidak boleh menyala sewaktu pemilik meninggalkan rumah.

“Apabila ada kejadian, segera hubungi pihak terkait, matikan peralatan elektronik maupun kompor saat meninggalkan rumah,” kata dia. [Ant]

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.