44 Tewas, 20 Hilang Akibat Banjir di Katsina, Nigeria

Ilustrasi bendera Nigeria - Dokumentasi CDN

LAGOS, NIGERIA — Banjir akibat hujan lebat selama akhir pekan di Negara Bagian Katsina, bagian barat-laut Nigeria, telah merenggut 44 nyawa, membuat 20 warga lokal hilang, kata gubernur negara bagian tersebut pada Senin (16/7).

Lebih dari 500 rumah hancur sementara ribuan orang kehilangan tempat tinggal, kata Gubernur Katsina Aminu Masari kepada wartawan.

Ia berbicara setelah memeriksa daerah yang terpengaruh di daerah pemerintah lokal Jibia di negara bagian itu.

“Air dari sungai bergerak ke arah yang berlawanan dan kembali ke kota kecil itu sehingga mengakibatkan banjir,” kata Masari.

Gubernur tersebut mengatakan pemerintah sudah memindahkan korban ke satu gedung sekolah dasar di daerah itu.

Menurut dia, ia telah memberitahu Pemerintah Federal mengenai bencana dan menekankan lembaga bantuan sudah membawa 13 truk yang berisi bahan bantuan untuk dibagikan kepada korban.

Sementara itu, Presiden Muhammadu Buhari telah menyampaikan kesedihan dan keprihatinan mengenai kerusakan yang tak pernah terjadi sebelumnya akibat banjir di Negara Bagian Katsina dan bagian lain negeri tersebut.

Di dalam satu pernyataan yang salinannya diterima Xinhua –yang dipantau di Jakarta, Selasa pagi (17/7/2018)– di Lagos, Ibu Kota Ekonomi Nigeria, pemimpin Nigeria itu menginstruksikan Lembaga Penanganan Keadaan Darurat Nasional (NEMA) agar melakukan apa saja yang akan membawa pertolongan buat korban.

Lebih dari 40 orang dilaporkan tewas dan 200 rumah hancur akibat banjir baru-baru ini di Negara Bagian Katsina. [Ant]

Lihat juga...