70 Persen CJH NTB Tergolong Lansia

Editor: Koko Triarko

179
Pelaksana Tugas (PLT) Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sirajuddin/Foto: Turmuzi
MATARAM – Pelaksana Tugas (PLT) Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sirajuddin, mengatakan dari keseluruhan Calon Jamaah Haji (CJH) 2018, sebagian besar merupakan CJH lanjut usia.
“Dari 4.518 CJH kita yang berangkat tahun ini, 70 persen merupakan kelompok masyarakat CJH lanjut usia, dengan kisaran umur 60 tahun ke atas”, kata Sirajuddin, saat pelepasan kloter pertama CJH NTB, Selasa (17/7/2018).
Dikatakan, hari ini merupakan hari pertama pemberangkatan CJH kloter pertama, sebanyak 455 CJH bersama lima petugas dan akan berangkat pukul 20.00 malam, disusul kloter berikutnya pada keesokan harinya.
Sirajuddin menjelaskan, dibandingkan musim haji 2017, keberangkatan haji 2018 relatif lebih mudah, karena proses perekaman biometrik CJH bisa langsung dilakukan di Tanah Air, yang langsung terkoneksi dengan Arab Saudi.
“Tahun ini perekaman biometrik dilakukan di sini dipercepat, sehingga begitu nanti sampai di Madinah, ia langsung naik bus, tidak perlu lagi ada pemeriksaan”, katanya.
Pengalaman haji sebelumnya, katanya, hampir lima jam menunggu pemeriksaan baru bisa naik bus. Sementara dari sisi kesehatan, menurutnya, ada satu CJH tidak bisa diberangkatkan, karena terdeteksi hamil empat minggu.
Umur kehamilan masih masa subur, baru terdeteksi setelah dilakukan tes USG oleh dokter. Negoisasi cukup lama dilakukan, karena berangkat bersama suami, mungkin sudah lama direncanakan, tapi mau bagaimana demi kesehatan CJH bersangkutan.
Sudiati, CJH Kabupaten Lombok Tengah, mengaku lega sekaligus merasa senang bisa berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini bersama suami dan ibunya, setelah menunggu selama beberapa tahun.
“Kalau ditanya perasaan tentu sangat bahagia bisa melaksanakan ibadah haji, setelah lama menunggu dengan harapan bisa mendapatkan haji yang mabrur”, katanya.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.