banner lebaran

Ajari Anak Peduli, Ratna Listy Kenalkan 3 Kata Ajaib

Editor: Mahadeva WS

277
Ratna Listy (Foto Akhmad Sekhu)

JAKARTA – Ratna Sulistyaningsih atau yang lebih dikenal sebagai Ratna Listy termasuk artis sangat sibuk. Kendati demikian, ia tetap memiliki perhatian kepada keluarganya.

Khusus kepada anak-anak, Ratna Listy mengenalkan tiga kata ajaib untuk membentuk karakternya. “Saya mengajari anak peduli sejak kecil seperti membiasakan diri untuk bersikap santun dan penuh hormat pada siapapun juga, serta mengenalkan tiga kata ajaib,” kata Ratna Listy, Kamis (12/7/2018).

Perempuan kelahiran Madiun, 2 Agustus 1973 itu menyebut, ketiga kata ajaibnya, yang pertama adalahh kata tolong. Kata tersebut diucapkan ketika hendak meminta orang lain melakukan sesuatu untuk kita. Kalau tidak memakai kata tolong, ia tidak mengharuskan anaknya untuk melakukan.

“Kadang-kadang saya yang malah keceplosan pada anak saya, ‘ambilin dong Dek!’ dan justru anak saya yang mengingatkan saya untuk menggunakan kata ‘tolong’, oh-ya, saya seharusnya mencontohin juga jadi jangan hanya menasehati saja tapi juga memberikan contoh. Itu bisa untuk kontrol diri juga,” beber ibu dari Swara Reiki January dan Swara Keisyah Alma Nova tersebut.

Kata kedua adalah, terima kasih. Kata tersebut diucapkan pada siapa pun yang sudah melakukan sesuatu yang baik pada kita. “Janganlah kita malas untuk mengucapkan kata terima kasih, jangan jadi orang yang tidak tahu terima kasih,” papar Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, Malang tersebut.

Kata ajaib ketiga adalah maaf. Jangan segan, jangan gengsi untuk minta maaf atau untuk memaafkan, memberi kata maaf. “Ketiga kata ajaib itulah yang membuat kita selamet ketika suatu saat nanti anak saya terjun ke masyarakat yang tentu membuat mereka bisa diterima pergaulan di mana pun juga, “ ujar artis yang mengawali kariernya dari kemenangannya dalam ajang Bintang Radio dan TV se-Jawa Timur pada 1989 tersebut.

Dari hal tersebut, Ratna, ingin mengajari anak-anaknya untuk selalu bersyukur. Apapun yang terjadi atau apapun yang didapatkan harus selalu disyukuri. Sebagai pekerja keras, Ratna menyebut apa yang dilakukan semua demi anaknya. “Saya selalu mengingatkan anak saya untuk selalu bersyukur karena banyak anak yang nasibnya tak seberuntung anak saya, yang itu menumbuhkan rasa peduli pada anak saya. Kepedulian tentu tak hanya dengan materi saja, tapi bisa dengan apa yang kita miliki, baik tenaga, pikiran maupun dorongan morel,” simpulnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.