Amati Gerhana, Ponpes Assalam Solo Siapkan Teleskop

Editor: Mahadeva WS

309

SOLO – Fenoma alam gerhana bulan total akan terjadi pada Sabtu (28/7/2018) dini hari. Di Solo, salah satu lokasi yang akan menyelenggarakan pengamatan gerhana bulan total adalah Observatorium Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Assalam, Solo.

Pengamatan gerhana di Observatorium ini didukung dengan peralatan canggih, diantaranya teleskop robotic, teleskop digital, dan manual. Bahkan di lokasi pengamatan juga bakal menyediakan kaca mata khusus yang dapat digunakan masyarakat untuk menyaksikan fenomena alam tersebut.

“Gerhana bulan total ini sudah yang kedua kalinya terjadi pada tahun ini. Hanya saja, pada 31 Januari lalu di Solo dan sekitarnya tidak bisa dilihat karena terkendala cuaca. Kalau yang saat ini kemungkinan bisa disaksikan karena cuacanya cerah,” ujar Kepala Pusat Astronomi Ponpes Assalam, AR Sugeng Riyadi, Jumat (27/7/2018).

Untuk pengamatan gerhana bulan total kali ini, Ponpes Assalam akan membuka Observatorium untuk pengamatan pada pukul 00.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB. Gerhana bulan total diprediksi terjadi selama 1 jam 45 menit. Fenomena gerhana bulan total ini merupakan fenomena yang sangat langka, karena durasainya yang sangat panjang.

“Gerhana bulan total seperti yang terjadi esuk pagi diprediksi akan kembali berlangsung di 2021 mendatang. Yakni pada 26 Mei 2021 dan terjadi tepat setelah matahari terbenam. Tapi waktunya singkat hanya sekitar 15 menit saja,” terangnya.

Selain meenggelar pengamatan, di Ponpesnya juga bakal menggelar Salat Gerhana pada pukul 03.30 WIB. Saat gerhana bulan ini, jika pengamatan dari Solo, posisi bulan  berada di barat daya. Proses terjadinya gernaha bulan, diawali dari bulan purnama berwarna putih keabu-abuan dengan kawah berwarna kehitaman.

Saat terjadi gerhana pada pukul 00.15 WIB, kondisi bulan masih penumbra dan dapat dilihat secara mata visual. Namun setelah pukul 01.24 WIB mulai terjadi kontak bayangan inti bumi menutupi bulan. Saat itu bagian atas bulan mulai terlihat kehitaman, dan akan semakin lebar hingga akhirnya menutupi seluruh (total) bulan.

“Kalau ingin melihat secara detail saat gerhana bulan total dapat dibantu dengan teleskop.  Gerhana bulan akan selesai pada pukul 05.20 WIB, karena akan kembali ke warna kemerahan bulan purnama,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...