Angkutan Kapal Roro Didominasi Bahan Bangunan

Editor: Satmoko Budi Santoso

178

BANJARMASIN – Mulai tingginya intensitas pengerjaan proyek pemerintah di pertengahan Tahun 2018 membuat Kapal Roro mulai kebanjiran angkutan bahan bangunan dari Surabaya ke Banjarmasin.

Salah satu pelaku jasa Kapal Roro di Banjarmasin, PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Banjarmasin bahkan mengklaim, sudah kurang lebih tiga pekan terakhir Truk Fuso berisi bahan bangunan banyak diangkut pihaknya.

“Dari sekitar 35-40 Truk Fuso yang biasanya kami angkut tiap keberangkatan, 70 persennya isinya adalah bahan bangunan dan hanya 30 persen sisanya adalah jenis sayur-sayuran dan konveksi” ujar Kepala DLU Cabang Banjarmasin, Anton Wahyuddin, Rabu (25/7/2018).

Kepala DLU Cabang Banjarmasin Anton Wahyuddin – Foto Arief Rahman

Sedangkan untuk angkutan dari Banjarmasin ke Surabaya, Anton mengaku tidak ada perubahan, masih tetap didominasi oleh kayu dan barang rongsokan.

“Kami memprediksi kenaikan angkutan bahan bangunan akan mulai menurun kembali setelah momen Idul Adha berakhir. Setelah itu angkutan akan didominasi oleh konveksi karena kampanye terbuka untuk Pipres dan Pileg 2019 sudah dimulai pada September mendatang,” tambahnya.

Sementara itu, pelaku jasa ekspedisi di Banjarmasin, Sauth Nathan Samosir juga mengakui, tingginya pengangkutan bahan bangunan di fuso milik ekspedisinya beberapa pekan terakhir dari Surabaya ke Banjarmasin.

Dari 3-4 truk fuso yang pihaknya operasikan ke Surabaya, biasanya 3 truk fuso diisi oleh bahan bangunan. Hanya 1 truk fuso yang berisi bahan konveksi maupun sayuran.

“Untuk pengiriman dari Surabaya ke Banjarmasin maupun sebaliknya saat ini cukup lancar, walaupun diprediksi pada akhir bulan ini gelombang laut kembali tinggi,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...