Anugerah LSF 2018, Bertema ‘Sensor Mandiri’

Editor: Koko Triarko

533
JAKARTA – Lembaga Sensor Film (LSF), kembali menggelar Anugerah Lembaga Sensor Film bertema Sensor Mandiri. Sebuah gelaran sebagai bentuk apresiasi LSF terhadap masyarakat dan pelaku perfilman.
“Hari ini kita launching Anugerah Lembaga Sensor Film 2018, yang mendasari dari ide besarnya adalaah periode 2015-2019, LSF mengedepankan budaya sensor mandiri dengan harapan, baik produser, sutradara, eksebitor TV maupun bioskop, dan masyarakat dapat memilah dan memilih film yang akan dibuat, dipertunjukkan dan diedarkan,“ kata Rommy Fibri, Ketua Panitia Pelaksana Anugerah LSF 2018, di Jakarta Selatan, Senin (2/7/2018).
Rommy membeberkan, dalam Anugerah Lembaga Sensor Film 2018 ini ada dua hal besar yang diselenggarakan.
Pertama, penghargaan (award) yang diberikan untuk film biokop, film televisi (FTV), sinetron serioal, TV dan bioskop. “Lima kategorisasi ini yang akan LSF beri penghargaan,“ katanya.
Menurut Rommy, seperti dari landasan dan dasar idenya adalah sensor mandiri, maka film-film yang diputar di bioskop TV maupun di TV dalam bentuk FTV maupun sinetron akan dilihat dari sisi sensor mandirinya.
“Ada yang tidak perlu direvisi, apakah sudah tepat dengan klasifikasinya yang dimaksud oleh pembuat film dengan isinya,“ bebernya.
Menurut Rommy, kadang ada perbedaan pandangan, bahwa yang membuat film ingin klasifikasi usia sekian, tapi ternyata isinya berbeda, ini yang membuat LSF perlu berdiskusi dulu.
“Itu kegiatan dari sisi penghargaan,“ tegasnya.
Kedua, LSF juga akan memberikan apresiasi dalam bentuk lomba yang dibuka mulai 7 Juni sampai 7 September 2018 Cap Pos.
“Ada tiga lomba yang kami selenggarakan, pertama lomba penulisan artikel. Kedua, lomba film pendek, dan ketiga, lomba poster. Kesemuanya terbuka untuk umum dengan tema tetap sensor mandiri,“ paparnya.
Untuk film pendek terbagi dalam dua kategori, antara pelajar dan mahasiswa dengan kategori umum.
“Untuk profesional yang terbiasa membuat film dengan pelajar dan mahasiswa tentu saja beda,” tuturnya.
Anugerah Lembaga Sensor Film 2018 perhitungan waktunya dari 1 September ke 30 Agustus. “Maka, film-film yang tayang 1 September 2017 sampai 30 Agustus 2018 yang dinilai,“ tegasnya.
Malam Puncak Anugerah Lembaga Sensor Film 2018 akan diadakan pada Oktober 2018. Untuk lebih lengkapnya, masyarakat yang ingin mengetahui lebih mendetail tentang kriteria dan persyaratan lomba, dapat membuka situs www.lsf.go.id
“Dengan adanya lomba semacam ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan sensor mandiri. Yakni, masyarakat menonton film sesuai dengan klasifikasi usia yang telah ditetapkan LSF,” tandasnya.
Baca Juga
Lihat juga...