Asian Games 2018 Momentum Menyatukan Bangsa

Editor: Koko Triarko

321
YOGYAKARTA – Ketua Panitia Penyelenggaraan Asian Games 2018 (INASGOC), Eric Thohir, berharap iven Asian Games 2018 mampu menjadi momentum untuk menyatukan seluruh elemen bangsa, dan bersatunya seluruh elemen bangsa dinilai menjadi syarat utama mensukseskan iven olahraga terbesar se-Asia, ini. 
“Ini sejarah yang kita ciptakan bersama-sama. Asian Games ini merupakan hal yang sangat penting. Saya berharap, Asian Games bisa menyatukan bangsa kita, karena iven ini akan sukses jika kita bersatu,” katanya, saat acara penyambutan Api Abadi Asian Games 2018, di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta Selasa (17/7/2018).
Menurut Eric, Asian Games tak sekadar iven olah raga, namun juga merupakan sebuah kesempatan besar untuk mengenalkan, mempromosikan, dan mencitrakan Indonesia di mata dunia. Baik itu mengenai seni, tradisi, pariwisata maupun adat dan budaya Indonesia.
“Karena itu saya berharap, berbagai kelompok masyarakat dapat ikut mensukseskan Asian Games ini untuk kepentingan bersama, bukan untuk kepentingan sendiri,” tuturnya.
Sementara itu, Torch Ambassador Asian Games Indonesia, Susi Susanti, mengaku bangga terpilih sebagai duta Asian Games 2018. Ia menyebut, mendapatkan pengalaman luar biasa ketika ikut terlibat menjemput api abadi Asian Games dari India.
Ia pun berharap, agar momentum penyelenggaraan Asian Games ini dapat menggelorakan semangat kebersamaan, persahabatan dan persatuan.
“Sebuah kebangaan yang sangat besar bagi saya. Semoga api semangat kebersamaan dan persahabatan Asian Games ini bisa digelorakan, sehingga mampu menyatukan negara-negara di Asia. Namun sebelum itu, negara kita sendiri harus bersatu terlebih dahulu,” katanya.
Sebagai seorang mantan atlet, Susi berharap, Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 tidak hanya dapat sukses dari sisi penyelenggaraan, namun juga dapat sukses secara prestasi.
“Ini kesempatan kita setelah 50 tahun lebih. Kepercayaan ini jangan kita sia-siakan. Semoga bisa memberikan semangat luar biasa untuk semua atlet Indonesia,” katanya.
Setelah tiba di Yogyakarta pada Selasa pagi, Api Abadi Asian Games 2018 rencananya akan diinapkan satu malam di Moseum Dirgantara Yogyakarta. Kemudian pada Rabu esok, Api Abadi Asian Games dari India ini akan disatukan dengan api Abadi dari Merapen, di Candi Prambanan, Yogyakarta.
Sedangkan pada Kamis, proses mengarak api Asian Games berkeliling ke seluruh wilayah Indonesia dimulai dari pusat Kota Yogyakarta. Setelah itu, api kemudian akan dibawa ke Solo, Jawa Tengah, ke sejumlah kota lainnya seperti Malang, Denpasar, Lombok, Sorong, Raja Ampat, Makasar, Banjarmasin, Aceh, Medan, Jambi dan tiba di Jakarta pada 15 Agustus, mendatang.
Baca Juga
Lihat juga...