Atlet SOIna Sumbar Torehkan Prestasi di Pornas Riau

Editor: Mahadeva WS

148
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno /Foto: M. Noli Hendra

PADANG – Atlet Special Olympics Indonesia (SOIna) Sumatera Barat menorehkan prestasi di Pekan Olahraga Tingkat Nasional (Pornas) SOIna VIII 2018 Riau. Kontingen Sumbar berhasil meraih prestasi menjadi terbaik III dalam gelaran tersebut.

Di Pornas SOIna VIII 2018 , kontingen Sumbar merebut 15 emas, 11 perak, dan 10 perunggu. Dengan torehan tersebut, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno siap memberikan ganjaran bagi Kontingen SOIna Sumbar.

“Karena SOIna telah menunjukkan kesungguhannya, maka sangat layak kita dukung dengan anggaran dari Provinsi. Kadispora, tolong diberi perhatian dan dibantu,” ujar Irwan Prayitno saat menyambut Kontingen SOIna Sumbar, Selasa (31/7/2018).

Untuk memaksimalkan pengembangan potensi atlet SOIna Sumbar, gubernur juga mendorong DPRD Sumbar dan KONI Sumbar juga mendukung dan memberikan perhatian yang sama. “Harapan bantuan anggaran dari Pengda SOIna Sumatera Barat, kepada DPRD dan KONI saya minta dibantu. SOIna adalah peluang besar yang perlu kita dukung karena telah menunjukkan kesungguhannya,” sebutnya.

Dengan perhatian dan dukungan, diinstruksikannya, hingga empat tahun ke depan saat SOIna IX digelar, pengembangan atlet SOIna Sumbar dapat dilakukan. Persiapkan yang dilakukan dimintanya harus lebih baik dan matang, sehingga peningkatan prestasi dapat diwujudkan.

Irwan mengaku bangga dan tidak menduga prestasi Sumatera Barat di kancah nasional. Prestasi dapat diraih karena kerja keras, kegigihan, dan kesabaran. “Misalnya Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di mana Sumatera Barat bahkan tidak mampu tembus peringkat 10 besar. Jadi kami melihat dalam sejarah yang saya tahu, Sumatera Barat dalam mengikuti ragam kegiatan nasional, yang rangking ke-3 ini baru SOIna. PON saja kita urutan 11. MTQ juga ga pernah dapat 3 besar,” jelasnya.

Pengurus Daerah SOIna Sumbar Amsyaruddin mengatakan, ketidakpercayaannya dengan torehan prestasi yang diperoleh. Dia mengatakan, torehan prestasi yang diraih Riau jauh di atas ekspektasi awal Pengda. “Terkait event, target kita cuma delapan emas. Kami sangat bangga sekaligus haru,” ungkapnya.

Amsyaruddin menyebut, seleksi dan persiapan awal Pengda SOIna menemui sejumlah tantangan. Terutama untuk melatih dan membina atlet tunagrahita, low-ability dan high-ability. “Di awal, saat seleksi, ada duka. Atlet renang andalan kita, tahu-tahu tidak mau mendengar arahan-arahan pelatih. tidak mau terjun ke air. Ibu-ibu dan pelatih sampai menangis karenanya,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Adib Alfikri  mengatakan, pada Pornas SOIna VIII Riau 2018, Sumbar mengirimkan 99 kontingen, dan mengikuti 9 dari 12 cabang olahraga yang dipertandingkan. Kontingen Sumbar menduduki peringkat tiga besar.

Juara umum dipertahankan Riau, dengan koleksi 52 medali, yang terdiri dari 18 Emas, 17 Perak, dan 17 Perunggu. Peringkat kedua, DKI Jakarta dengan koleksi 41 medali, 17 emas, 10 perak dan 14 perunggu. “Selanjutnya Provinsi Jabar dan Provinsi Jateng, dua provinsi yang diunggulkan, hanya mampu berada di posisi empat dan lima,” tutupnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.