Bangun Sapras di Pantai Manggar, Pemkot Anggarkan Rp9 Miliar

Editor: Mahadeva WS

184
Ketua Komisi II DPRD Balikpapan Muhammad Taqwa – Foto Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan menyiapkan anggara Rp9 miliar untuk pembangunan sarana dan prasarana di kawasan Pantai Manggar Segarasari di tahun ini.

Ketua Komisi II DPRD Balikpapan Muhammad Taqwa mengatakan, anggaran yang sudah disiapkan itu untuk membangun berbagai sarana dan prasarana yang ada di destinasi andalan Balikpapan tersebut. “Dengan alasan itu maka saprasnya juga harus dibenahi juga setiap tahunnya. Beberapa infrastruktur yang harus dibangun di sana termasuk dinding penahan ombak, karena hanya itu aset pemerintah dan juga untuk mengantisipasi kerawanan abrasi,” paparnya usai pertemuan Kajian Akademis Rencana Induk Pembangunan Objek Wisata, Selasa (17/7/2018).

Secara geografis, Balikpapan merupakan kota pesisir. Sehingga potensi wisata maritimnya cukup bagus. “Lokasi wisata yang terbentuk alamiah juga perlu ditata dan itu perlu kerja sama antara pemerintah dengan stakeholder,” tandasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Balikapapan, Oemy Facessly menjelaskan, anggaran Rp9 miliar tersebut untuk meningkatkan sarana dan prasarana di Pantai Manggar. “Kita maksimalkan untuk membangun pujasera agar tempat berjualan PKL lebih bagus, membangun pagar dan sarana lainnya,” jelasnya.

Oemy menyebut, Pantai Manggar merupakan destinasi andalan Kota Balikpapan yang dikelola oleh pemerintah kota. Destinasi wisata lain yang dikelola pemkot adalah Kawasan Pendidikan Lingkungan Hidup di Kilometer 23. “Sumbangan PAD dari kunjungan wisata di pantai Manggar pada semester I/2018 sudah mencapai 50 persen dari target Rp4 miliar,” sebut Oemy.

Berdasarkan data Disparpora, tingkat kunjungan wisatawan nusantara di 2017 lalu mencapai 2,7 juta pengunjung. Sementara wisatawan mancanegara mencapai 42 ribu pengunjung. Ditargetkan tahun ini, kunjungan wisatawan bisa mencapai 2,5 juta orang.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.