Bantuan Alat Damkar di Sampit, Prioritas Daerah Rawan

211
Ilustrasi -Dok: CDN
SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, memprioritaskan daerah-daerah rawan kebakaran lahan untuk mendapatKAN bantuan peralatan pemadam kebakaran.
“Daerah-daerah rawan kebakaran yang diprioritaskan, seperti di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan Baamang. Seperti di Ketapang ada 50 unit, nanti pembagiannya melalui pihak kelurahan,” kata Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Jhon Krisli, di Sampit, Kamis (26/7/2018).
Jhon Krisli menjelaskan, tahun ini dialokasikan anggaran untuk pengadaan mesin pemadam kebakaran roda tiga. Ini sebagai upaya pemerintah daerah mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.
Pemerintah daerah menyadari, Kotawaringin Timur termasuk daerah yang sangat rawan kebakaran hutan dan lahan saat musim kemarau. Luasnya sebaran tanah gambut membuat kebakaran mudah terjadi, karena gambut mudah kering saat kemarau.
Pengadaan kendaraan roda tiga pemadam kebakaran bertujuan untuk kesiagaan. Dengan armada tersebut, petugas bisa dengan cepat memadamkan api, jika terjadi kebakaran lahan.
Pemerintah di tingkat kelurahan dan desa harus ikut siaga dan membantu, agar kebakaran hutan dan lahan parah serta kabut asap bisa dicegah. Saat ini, hujan makin jarang turun, sehingga potensi kebakaran hutan dan lahan meningkat.
“Peralatan pemadam kebakaran tersebut nantinya diharapkan digunakan secara optimal. Kita semua harus bersama-sama mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan,” kata Jhon Krisli.
Sebulan terakhir, kebakaran hutan dan lahan marak terjadi di Kotawaringin Timur. Kebakaran lahan tidak hanya terjadi di sekitar kota Sampit, tetapi juga di kecamatan-kecamatan yang jauh dari pusat kota.
Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan berjibaku dengan kebakaran lahan gambut, karena api membakar sampai ke dalam tanah, sehingga sulit dipadamkan. Pemadaman juga dilakukan melalui udara dengan cara pengeboman air mengunakan helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (KR-NJI). (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...