Berkat Tabur Puja, Usaha Warung Saminah Berkembang

Editor: Makmun Hidayat

258

YOGYAKARTA — Meski baru berusia sekitar 1 tahun, keberadaan unit usaha Tabungan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) KUD Gemah Ripah, telah terbukti memberikan andil bagi pengembangan ekonomi di Desa Trirenggo Bantul.

Mendayagunakan gelontoran dana dari Yayasan Damandiri melalui program Desa Mandiri Lestari, unit usaha Tabur Puja KUD Gemah Ripah secara konsisten membantu para pelaku UKM di Desa Trirenggo dengan memberikan pinjaman modal usaha.

Seperti dirasakan, salah seorang warga Anis Saminah (50) asal Dusun Manding, Trirenggo, Bantul. Menjadi salah satu nasabah Tabur Puja sejak setahun terakhir, ibu dua anak ini mengaku mendapat banyak keuntungan serta manfaat, khususnya dalam mengembangkan usahanya.

Selain mendambah modal usaha, pinjaman dana dari Tabur Puja itu juga ia manfaatkan untuk menambah jenis dagangan warung miliknya. Sehingga produk yang ia jual kini pun semakin bertambah lengkap, yang berdampak pada peningkatan omset usaha.

“Saya pinjam Rp2juta. Untuk tambah modal. Beli dagangan kering seperti mie, beras, tabung gas, dan sebagainya. Alhamdulillah usaha semakin maju dan lancar. Kalau pagi ramai. Untuk omset sehari sekarang bisa sampai Rp300ribu,” ujarnya saat ditemui Cendana News, Senin (23/07/2018).

Saminah mengaku lebih memilih meminjam modal usaha di unit Tabur Puja dibandingkan usaha kredit lainnya, karena sejumlah alasan. Selain syarat-syaratnya relatif mudah, ia juga diuntungkan karena tidak perlu pergi jauh-jauh untuk mengajukan pinjaman atau membayar cicilan bulanan.

“Lebih gampang. Tidak perlu pakai agunan. Angsuran juga tidak terpaut jauh. Selain itu juga dekat. Cukup ke kelompok Posdaya di tingkat dusun,” ujarnya.

Dengan sejumlah kemudahan itulah, Saminah kini tidak lagi mengajukan pinjaman ke bank sebagaimana dulu dilakukannya. Namun beralih untuk meminjam modal usaha di unit Tabur Puja. Hampir setahun berjalan, dana senilai Rp2juta yang ia pinjam itu bahkan saat ini telah balik modal.

“Mudah-mudahan Tabur Puja ini terus berkembang. Sehingga bisa membantu para pelaku usaha kecil seperti saya. Biar semua bisa jalan, dan mendapatkan tambahan modal,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...