Bupati Tanjabtim Antusias Kembangkan Kopi dan Kakao

217
Kakao, ilustrasi -Dok: CDN
JAMBI – Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Provinsi Jambi, H Romi Haryanto, antusias mengembangkan tanaman kakao dan kopi di daerah itu, guna menghadirkan komoditas baru, meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat setempat.
“Kami akan kembangkan kakao dan kopi di sini, rencananya kami akan melakukan kunjungan dan studi banding ke Jember, Jawa Timur, ke Pusat ‘Koka’, sebagai langkah awalnya,” kata Bupati Tanjabtim, di Muarasabak, Tanjung Jabung Timur, Jumat (6/7/2018).
Menurut Romi, rencananya ia dan timnya akan bergerak dan meninjau langsung lokasi Pusat Pengembangan Kakao dan Kopi di Jember. Ia berharap, kedua komoditas itu bisa dikembangkan di Tanjabtim.
Untuk merealisasikan rencana itu, Pemkab Tanjabtim menggandeng perusahaan yang bergerak di sektor energi PT PetroChina International Jabung Ltd, yang selama ini menjadi mitra Pemkab Tanjabtim dalam beberapa program pemberdayaan masyarakat melalui berbagai program yang digulirkannya.
“Kunjungan ini diharapkan bisa memberikan manfaat dan bisa merealisasikan program yang kami akan kembangkan dalam pengembangan tanaman kakao dan kopi,” katanya.
Namun, tidak disebutkan kawasan mana di Tanjabtim yang akan menjadi pilot project atau kawasan perkebunan kakao dan kopi tersebut. Sebagai gambaran, daerah tetangganya Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) memiliki hamparan tanaman kopi yang cukup potensial jenis liberika.
Bupati optimis, melalui program penanaman kopi dan kakao, bisa meningkatkan pendapatan petani dan perekonomian mereka. Menurut bupati, masih cukup banyak lahan yang kosong dan bisa dimanfaatkan komoditas tersebut.
“Kita akan pelajari teknologi untuk pengembangannya, karena bukan sekedar tanaman itu bisa tumbuh, tapi harus berbuah, menghasilkan dan menguntungkan secara ekonomi,” kata Bupati Romi.
Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan salah satu kabupaten termuda di Provinsi Jambi, yang sebagian besar ditopang dari sektor perkebunan kelapa sawit, energi serta memiliki pelabuhan di Muarasabak
Daerah itu juga merupakan daerah muara dari aliran Sungai Batanghari yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera, dan merupakan satu dari dua kabupaten di Provinsi Jambi yang memiliki pantai ke pantai timur Sumatera. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...