Bus Terbakar di Jalinsum, Lalu Lintas Lumpuh Total

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

908

LAMPUNG — Bus Timbul Jaya Exspress (Tijex) trayek pelabuhan Bakauheni-Rajabasa Bandarlampung terbakar di Jalan Lintas Sumatera KM 62 desa Kekiling kecamatan Penengahan Lampung Selatan pada Minggu malam (29/7/2018). Akibatnya lalu lintas dari arah Bakauheni menuju ke Bandarlampung sejak pukul 21:00 hingga pukul 22:00 sempat lumpuh total.

Petugas Kepolisian dari Polsek Penengahan dan Satlantas Polres Lampung Selatan melakukan pengaturan lalu lintas dan mengamankan lokasi kejadian. Kemacetan diperkirakan mencapai empat kilometer dari dua arah selama proses pemadaman api oleh dua unit mobil pemadam kebakaran.

Neneng DH (52) menyebut awalnya asap dari bagian mesin belakang kendaraan mengepul. Informasi tersebut berasal dari pengamen yang ada di dalam bus.

Petugas berjibaku memadamkan api bus jurusan pelabuhan Bakauheni Rajabasa Bandarlampung [Foto: Henk Widi]
Mendapat informasi tersebut seluruh penumpang yang berjumlah sekitar 30 orang langsung keluar. Tidak ketinggalan penumpang yang duduk di bangku tengah berusaha menyelamatkan diri.

“Saya menyelamatkan diri, untung tidak ada yang terbakar tapi sebagian penumpang barangnya terbakar tanpa bisa diselamatkan karena panik dan langsung keluar,” terang Neneng DH saat ditemui Cendana News, Minggu malam (29/7/2018).

Penumpang lain, Erna (23) asal Bekasi tujuan Tanjungan Lampung Selatan menyebutkan, dua tas berisi pakaian dan peralatan kue miliknya terbakar dan tidak sempat diselamatkan. Akibat peristiwa tersebut ia mengaku terlambat tiba di rumah meski ia sudah dijemput di wilayah Tanjungan.

Bersama dengan penumpang lain ia masih menunggu keputusan untuk melanjutkan perjalanan.

Erna menyebutkan, saking paniknya, sejumlah penumpang bahkan terpaksa berdesak-desakan untuk menuju ke pintu depan. Tidak terkecuali penumpang anak-anak yang berada di dalam mobil tersebut.

Salah Dardanela (52) penumpang dari Jakarta tujuan Way Halim mengaku sempat terjatuh akibat berdesakan di dalam kendaraan.

Ia tidak menyangka bus yang berisi sekitar 36 penumpang tersebut terbakar. Sejumlah penumpang yang keluar di dekat bus yang terbakar langsung pindah dari dekat bus dan berkumpul di sebuah toko waralaba untuk dilakukan pendataan oleh petugas.

Hingga berita ini diunggah kendaraan bus milik PT Karona Grup dengan warna merah kombinasi tersebut masih berada di bahu jalan. Petugas dari Polres Lamsel, Polsek Penengahan masih berjaga di jalan utama yang menghubungkan pelabuhan Bakauheni ke Bandarlampung tersebut.

Selain beberapa kendaraan pemadam kebakaran dan personel polisi sebuah mobil ambulan disiagakan di perempatan Palas tersebut. Sementara itu, pengemudi dan kernet hingga saat ini masih diamankan untuk dimintai keterangan.

Baca Juga
Lihat juga...