Cannonball, Buah Berbentuk Bola dengan Bunga yang Cantik

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

310

CIBUBUR — Taman Buah Mekarsari memiliki beragam tanaman yang unik dan langka. Salah satunya yakni pohon Cannonball. Pohonnya memiliki buah menyerupai peluru meriam dengan warna cokelat kayu.

“Buahnya besar, bulat dan berbentuk seperti kayu dengan diameter mulai dari 15 sampai 24 sentimeter,” tutur Koordinator pembibitan Taman Buah Mekarsari, Aep.

Pohon yang memiliki nama ilmiah couroupita gulanensis dikenal memiliki buah yang bulat dan besar. Pohon yang berasal dari wilayah Amerika Selatan juga memiliki bunga beraroma harum semerbak dan bentuk yang cantik.

Ia mengatakan, setiap malam dan pagi, bunganya mengeluarkan wangi yang khas.

“Bunga yang berwarna merah jambu itu merekah dengan putik berwarna kuning,” katanya kepada Cendana News.

Koordinator pembibitan Taman Buah Mekarsari, Aep. Foto: Tommy Abdullah

Aep menjelaskan, untuk tumbuh hingga sebesar buah kelapa, buah cannonball memerlukan waktu 12 hingga 18 bulan. Biasanya satu pohon dapat berbuah sebanyak 200 hingga 300. Uniknya, buah Cannonball akan jatuh retak terbuka ketika menyentuh tanah setelah matang.

Jatuhnya buah ini sering menyebabkan suara ledakan kecil, lanjutnya.

“Buahnya beraroma busuk ketika kulit buah itu remuk karena jatuh,” imbuhnya.

Aep menjelaskan, walau memiliki buah berbau busuk, tanaman ini juga memiliki fungsi obat seperti antibiotik, antiseptik, anti jamur dan analgesik
.
“Di tanah kelahirannya biasa digunakan untuk obat flu, sakit perut, sakit gigi maupun penyakit kulit dan sedang dikembangkan sebagai obat malaria,” terangnya.

Buah Cannonball. Foto: Tommy Abdullah

Aep berguyon, hati-hati bila berteduh di bawah pohon tersebut. Buah yang matang tua akan jatuh dan dengan ukurannya yang cukup besar dan berat, cukup sakit bila ditimpa, belum lagi bau busuk menyengat yang keluar dari buah matang yang pecah.

Bagi masyarakat yang penasaran ingin melihat buahnya yang besar dan bunganya yang cantik dapat mengunjungi Blok D, Taman Buah Mekarsari.

Baca Juga
Lihat juga...