Daerah Terpencil di Mahulu, Kini Terjangkau Internet

Editor: Satmoko Budi Santoso

182
Penandatanganan kerja sama PT. Telkomsel dengan Pemerintah Kabupaten Mahulu, Senin (31/7/2018) - Foto Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Guna menjangkau daerah terluar maupun daerah pelosok di Indonesia khususnya Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) yang masuk wilayah Kalimantan Timur, operator Telkomsel menambah kapasitas jaringan.

Penambahan kapasitas jaringan itu dengan menghadirkan tambahan BTS baru bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Mahulu yaitu Long Melaham, Long Bagun Pemkab dan Sirau.

Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) merupakan kabupaten di Kalimantan Timur pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat pada tahun 2013, setelah sebelumnya sudah bisa menikmati layanan Telkomsel. Dan dengan layanan tersebut maka jangkauan jaringan komunikasi untuk masyarakat di Kabupaten Mahulu semakin baik.

“Dengan penambahan jaringan baru ini akan menambah lancarnya komunikasi, karena di Kabupaten ini menjadi satu-satunya yang hadir agar kita bisa berkomunikasi jarak jauh,” ucap Dayat, salah seorang warga Pelabuhan Tering yang sering membawa penumpang menggunakan speed boat menuju Mahulu, Selasa (31/7/2018).

Menurutnya, dengan penambahan BTS maka memberikan bukti nyata bahwa daerah yang ditinggali masih menjadi prioritas dari operator paling merah paling Indonesia.

Di kesempatan itu, Vice President ICT Network Management Area Pamasuka, Samuel Pasaribu mengungkapkan menghadirkan layanan telekomunikasi di lokasi seperti Mahulu ini tentunya tidak mudah, mendatangkan material dari luar dalam membangun infrastruktur telekomunikasi tidak menjadi penghambat Telkomsel dalam memberikan yang terbaik untuk negeri.

Lebih lanjut Samuel menyebutkan, kendati terdapat kendala yang dihadapi dalam menghadirkan layanan telekomunikasi baru di Kabupaten Mahulu. Namun dengan semangat membagun negeri, kendala yang ada menjadi tantangan.

“Kami melakukan monitoring dan optimalisasi jaringan di semua daerah yang telah tercakup sinyal termasuk di daerah baru. Sistem monitoring network kami yang berfungsi secara real time memungkinkan kami untuk terus memantau kondisi jaringan di berbagai lokasi. Hal ini merupakan upaya kami untuk tetap menjaga kualitas layanan, sehingga masyarakat dapat maksimal menggunakan layanan kami,” tambah Samuel.

Sementara itu, Penandatangan kerja sama Telkomsel dengan Pemerintah Kabupaten Mahulu dilakukan di Kantor Pemerintah Kabupaten Mahulu, yang dihadiri langsung oleh Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh, SH beserta Wakil Bupati Mahakam Ulu, Drs. Juan Enau.

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.