Da’i dan Khotib Lowokwaru Harus Dapat Ikuti Perkembangan Teknologi

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

234

MALANG — Ketua MUI Kecamatan Lowokwaru, Choirul Anam menyebutkan, perkembangan teknologi yang semakin maju, perlu adanya peningkatan wawasan dan keilmuan, baik dari segi agama maupu umum.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas sehingga mampu diandalkan oleh masyarakat. Bahkan nantinya para Da’i juga akan dikembangkan dakwahnya melalui teknologi informasi,” jelasnya dalam pelatihan puluhan da’i dan khotib masjid di gedung Rektorat Universitas Brawijaya, Sabtu (21/7/2018).

Selain itu kegiatan ini juga sebagai wadah untuk mengkader Da’i dan Khotib yang berkualitas. Sehingga dengan terus bertambahnya jumlah masjid juga diikuti dengan bertambahnya jumlah da’i.

“Dari kegiatan ini, harapannya bisa mengkader sekaligus melahirkan da’i dan khotib yang berkualitas khususnya di kecamatan Lowokwaru,” terangnya.

Ketua MUI Kota Malang, Hamzawi. Foto: Agus Nurchaliq

Lebih lanjut, Ketua MUI Kota Malang, Hamzawi mengapresiasi kegiatan pelatihan yang diadakan MUI Lowokwaru. Menurutnya pelatihan tersebut sangat penting utuk di selenggarakan, karena Da’i dan Khotib sebagai ujung tombak di masyarakat.

“Untuk itu mereka perlu kita bekali, apa saja yang penting untuk disampaikan kepada masyarakat. Dari materi-materi tadi yang disampaikan ada beberapa hukum yang perlu disampaikan kepada masyarakat atau minimal di sosialisasikan kepada masyarakat karena hal tersebut banyak berlaku di tengah masyarakat,” ucapnya.

Tidak hanya itu, para Da’i diharapkan nantinya mampu menyampaikan kepada masyarakat bahwa Islam sebagai agama Rahmatan Lil Alamin (rahmat bagi seluruh alam) guna menangkal paham radikalisme.

“Da’i dan Khotib harus bisa menyampaikan kepada masyarakat bahwa Islam itu tidak keras. Contohnya sikap Nabi ketika ada orang yang menghinanya ataupun kelembutan sikap Nabi kepada non muslim,” terangnya.

Sementara itu disampaikan, setidaknya ada 90 Da’i dan Khotib se kecamatan Lowokwaru mengikuti pelatihan yang diselenggarakan selama satu hari tersebut.

Baca Juga
Lihat juga...