Din Damar, Pemenang Komik Anugerah Jurnalistik Polri 2018

Editor: Makmun Hidayat

1.358
Komikus Din Damar Insani - Foto Akhmad Sekhu

JAKARTA — Komik berjudul ‘Good Job’ karya Din Damar Insani dari Malang, Jawa Timur, dinyatakan sebagai pemenang juara 1 Komik kategori umum/pelajar/mahasiswa di ajang penghargaan Anugerah Jurnalistik Polri 2018 yang diselenggarakan Divisi Humas Polri.

“Saya seneng banget komik saya berjudul ‘Good Job’ jadi pemenang juara pertama kategori Komik di Anugerah Jurnalistik Polri 2018,” kata komikus Din Damar Insani kepada Cendana News seusai pengumuman pemenang Anugerah Jurnalistik Polri 2018 di Mall Gandaria City, Jalan Sultan Iskandar Muda No.8, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu malam (18/7/2018).

Perempuan kelahiran Malang, 3 Juni 1997 itu mengaku tak mengira kalau dirinya yang menjadi pemenang.

“Saya merasa tidak enak dengan para peserta lainnya, karena saya nilai karya para peserta lainnya menurut saya kayaknya lebih bagus daripada karya saya,” ungkap ilustrator freelance ini.

Untuk menilai sebuah karya komik, kata Din Damar, tentu banyak kriterianya mulai dari awal cerita, karakter dasar, perkembangan cerita dan karakter, grafik dan kriteria-kriteria lainnya.

“Saya perhatikan karya-karya komik lain nilai-nilai moralnya tampak lebih kuat dan lengkap daripada karya saya, ada pasukan kuning. Tapi kalau saya ceritanya tentang pedagang bakso, jadi entah mengapa justru komik karya saya yang menjadi pemenang,” ujarnya.

Dalam membuat komik ini, Din Damar membeberkan dirinya memikirkannya lama sekali dengan melihat perkembangan berita-berita tentang Pilkada.

“Saya membuat komik ini mepet banget mendekati deadline pengiriman karya Anugerah Jurnalistik Polri 2018,” bebernya.

Komik Good Job – Foto Akhmad Sekhu

Menurut Din Damar, tema lomba Anugerah Jurnalistik Polri 2018 untuk kategori komik tentang membangun negeri bersama Polri, tapi kita tidak harus menjadi polisi.

Good Job adalah sebuah komik yang berkisah tentang pedagang bakso membantu Polri. “Komik saya berkisah tentang pedagang bakso yang membantu Polri untuk menangkap pencopet,” paparnya.

Kemenangan komik ‘Good Job’ disusul juara 2 komik berjudul ‘Demi Keselamatan Bersama’ karya Agung Prabowo, dan Edy Ritonga dengan komiknya berjudul ‘Panggilan Jiwa-Pengorbanan’ dinyatakan sebagai juara 3.

Selanjutnya, Din Damar berharap Anugerah Jurnalistik Polri ini akan terus berlanjut dan digelar rutin setiap tahunnya. “Supaya kami para seniman bisa terus berkarya untuk negeri ini,” tegasnya.

Din Damar juga berharap perkembangan komik di Indonesia akan terus berkembang maju. “Sekarang sudah masuk era digital jadi pasti jauh berkembang komik di Indonesia, teknologi canggih sekarang memudahkan pembuatan komik menjadi lebih gampang dan akses perkembangan internet membuat pemasaran produk komiknya juga lebih gampang,” sebutnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.