Disdik Sumbar Siapkan Lulusan SMK Berkualitas

Editor: Mahadeva WS

244
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Burhasman/Foto: M. Noli Hendra

PADANG – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bersiap untuk menyediakan tenaga kerja bibit unggul siap pakai. Mereka yang disiapkan adlah peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di daerah tersebut. 

Kepala Disdik Sumbar Burhasman mengatakan, sesuai dengan moto SMK yakni SMK hebat, pelajar SMK diharapkan bisa menjadi pelajar yang hebat dan unggul untuk menyiapkan diri sebagai tenaga kerja siap pakai. “Kita juga melakukan kerjasama dengan PT PLN. Nantinya dengan adanya kerjasama itu, yang bergerak di sektor listrik negara, akan melahirkan kurikulum kelistrikan dan memberi kesempatan magang,” katanya, Kamis (19/7/2018).

Kerjasama yang dilakukan tidak hanya dalam hubungan mendidik dan melahirkan tenaga kerja yang handal. Tetapi juga diharapkan para siswa bisa diberi kesempatan untuk direkrut menjadi tenaga kerja.

Kerjasama tersebut menjadi tanggung jawab Disdik Provinsi Sumbar dalam upaya menyiapkan bibit unggul siap pakai di dunia tenaga kerja. “Agar bisa menjawab tantangan tersebut Disdik melakukan kerjasama. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan bekerjasama dengan PT. PLN yang bergerak dalam sektor listrik negara yang menjalin kerjasama untuk pendidikan di SMK,” jelasnya.

Dalam keserjasama tesebut juga dilakukan penyusunan kurikulum kelistrikan. Kurikulum yang lebih menekankan teori, serta memberikan pelatihan kepada Guru SMK yang berkompeten agar bisa menjadi pendidik yang berkompetensi. “Saat ini ada dua sekolah yang kerjama yang nantinya akan memberi bantuan perlengkapan bahan ajar serta peralatan penunjang pada SMK N 1 Padang dan SMK N 2 Bukittinggi,” ujarnya.

GM PT. PLN Pusdik menyampaikan, sesuai dengan intruksi pemerintah dalam upaya meningkatkan pelayanan listrik. Akan dilakukan pembangunan infrastruktur kelistrikan. Hal itu akan diikuti dengan kebutuhan tenaga kerja siap pakai di bidang tersebut. Kerjasma yang dilakukan merupakan bagian dari upaya penyiapan tersebut.

“Kita harus berupaya menyiapkan SDM yang terampil dan siap berkerja di Industri ketenagalistrikan, para guru harus di upgrading, pembangunan infrastruktur oleh pemerintah memerlukan tenaga kerja, maka dari itu kami harus menyiapkan semuanya,” ucapnya.

Kepala Bidang Pendidikan SMK Disdik Sumbar Syofrizal menekankan, siswa yang magang nanti harus mendapatkan perhatian lebih dari para guru. Jangan sampai terjadi salah input data siswa magang, agar tidak terjadi salah sambung antara teori keahlian yang dipelajari di sekolah dengan posisi keahlian di praktik magang.

Baca Juga
Lihat juga...