banner lebaran

Dishub Biak Upayakan Rute Penerbangan Biak-Sorong

156
Ilustrasi - Dok CDN

BIAK – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Biak Numfor, Papua, tengah berupaya agar maskapai penerbangan membuka rute Biak-Sorong, guna menggairahkan sektor kemaritiman di wilayah Timur Indonesia.

“Dishub Biak bersama PT Angkasa Pura 1 pengelola otoritas Bandara Frans Kaisiepo terus menawarkan pembukaan rute baru Biak-Sorong,” kata Kepala Dishub Kabupaten Biak Numfor Fransisco Olla ketika dihubungi di Biak, Sabtu.

Ia mengatakan pembukaan rute penerbangan Biak-Sorong dan Manado sangat strategis untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Pulau Biak.

Menurut dia, kini jika warga Biak ingin berpergian ke Sorong harus transit penerbangan dari bandara Sentani Jayapura.

Padahal, jika ada rute Biak-Sorong, perjalanan akan lebih nyaman karena waktu tempuh penerbangan relatif singkat.

Fransisco meyakini rute penerbangan Biak-Sorong akan dapat meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke Biak karena terkoneksi dengan tersedianya jalur angkutan udara.

“Untuk mendorong program kemaritiman di Papua dan Papua Barat maka jalur Biak-Sorong-Manado dan Ambon perlu ada,” ujarnya.

Ia menyebut selain memperjuangkan pembukaan rute penerbangan Biak-Sorong-Manado dan Ambon, pihak Dishub bekerja sama dengan PT Angkasa Pura 1 Bandara Frans Kaisiepo juga mengusulkan rute angkutan udara Biak-Sidney Australia.

Sejauh ini aktivitas penerbangan di Bandara Frans Kaisiepo Biak masih lancar, yang dilayani Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air, rute Biak-Jayapura dan Biak-Makassar dan Jakarta.

Juga adanya rute penerbangan antarkota dalam Papua menggunakan pesawat ATR Garuda dan Nam Air untuk rute Biak-Nabire. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.