Distan-KODAM Kerja Sama Perluas Lahan Pertanian di Kalsel

212
Ilustrasi -Dok: CDN
BANJARMASIN – Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan dan Kodam VI/Mulawarman, melalui Korem 101/Antasari sebagai pelaksana, sepakat menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding perluasan cetak sawah.
“Alokasi lahan cetak sawah di wilayah Korem 101/Antasari sekitar 100 hektare. Tahap perencanaan telah dilaksanakan oleh Dinas Pertanian bersama TNI di wilayah dan kerja sama ini secara swakelola dipercayakan rakyat kepada TNI,” kata Kasdam VI/Mulawarman, Brigjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, di Banjarbaru, Kamis (12/7/2018).
Menurutnya, kerja sama itu sebagai upaya TNI dan pemerintah untuk meningkatkan produksi beras nasional. Karena dengan bertambahnya lahan sawah, diharapkan dapat meningkatkan produksi beras di wilayah tersebut.
Ada pun teknis pelaksanaan kegiatan cetak sawah nanti langsung dikendalikan oleh Danrem 101/Antasari, Kolonel Inf. Yudianto Putrajaya, selaku Kalakgiat dan Dandim 1006/Martapura, Letkol Inf. Muchammad Ghoffar Ngismangil.
Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kalsel, Fathurrahman, menuturkan, kerja sama dengan TNI sangat diperlukan, guna mendorong percepatan pelaksanaan cetak sawah.
“Semangat dan kemampuan prajurit tentu sangat diperlukan untuk kita bisa mengejar target Kementerian Pertanian, dan Kalsel salah satu lumbung padi nasional yang diharapkan,” ungkapnya.
Sedangkan Danrem 101/Antasari, Kolonel Inf. Yudianto Putrajaya, mengaku siap mengemban tugas yang diperintahkan pimpinan, agar hasil pertanian di Kalsel lebih maksimal.
“Koordinasi yang baik dan sinergitas yang solid sangat penting untuk kesuksesan program pembangunan pertanian ini. Prajurit TNI selalu siap mendukung penuh pemerintah daerah, dalam hal ini Paman Birin, selaku gubernur, untuk menggerakkan petani agar lebih maksimal lagi hasil panennya,” pungkasnya. (Ant)
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.