DKI Jakarta Siap Hadapi Asian Games

Editor: Satmoko Budi Santoso

238
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno - Foto: Lina Fitria

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengaku termotivasi atas sindiran dari Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, yang menyindir persiapan Asian Games di Jakarta.

Dia pun mengakui kemampuan Kota Palembang atau Provinsi Sumatera Selatan mempersiapkan diri lebih baik sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

“Ya Pak Alex itu kan senior kita. Dia orangnya kan menghibur, membangun motivasi kita. Jadi ya buat saya sebagai juniornya melihat kesanggupan Sumatera Selatan (Sumsel) yang sangat sangat siap, ini jadi motivasi kita menyiapkan,” ujar Sandiaga di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (25/7/2018).

Sandiaga mengatakan, bahwa Jakarta sebenarnya sudah siap menghadapi Asian Games. Dia memastikan, persiapan Jakarta tak kalah dengan Palembang.

“Jakarta siap saya udah sampaikan. Dia (Alex) bilang sangat siap ya ini memotivasi kita memastikan Jakarta siap,” kata dia.

Sementara, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, mengklaim bahwa daerahnya sudah siap dan lebih maju dari DKI Jakarta. Dia pun enggan terlalu banyak menyampaikan mengenai kondisi persiapannya.

“Kami sudah terlalu sering dipanggil (DPR) dan sudah siap semua. Jadi kita persilakan daerah lain saja,” kata Alex di gedung DPR RI di Senayan, Jakarta Selatan.

Kemudian dia menyindir persiapan Asian Games di Jakarta. Salah satunya soal promosi dan euforia Asian Games 2018. Alex mengatakan, euforia pesta olahraga di Palembang sangat terasa. Mulai dari kampung warna-warni, lomba kampung Asian Games, hingga pemasangan umbul-umbul di seluruh wilayah Palembang.

“Yang enggak terasa euforia mungkin di tempat lain. Euforia Asian Games sudah luar biasa di Palembang. Warga cat seluruh rumah untuk Asian Games. Bapak kunjungilah,” kata Alex.

Alex mengklaim persiapan Asian Games sudah sempurna. Dia pun menjamin seluruh atlet, official, dan rakyat akan gembira menyambut pertandingan olahraga terbesar di Asia itu.

“Semua gembira karena tidak ada ganjil genap, enggak ada buka tutup. Jadi santai saja kami,” ungkapnya.

Ganjil genap yang disebut Alex merujuk pada kebijakan pembatasan kendaraan berdasarkan nomor pelat ganjil dan genap di Jakarta.

Sementara itu, Alex memastikan, stadion sepakbola di Jakabaring yang sempat dirusak para supporter sudah diperbaiki. Dia pun meminta agar para suporter tidak merusak fasilitas apa pun.

“Kalau kalah suporter jangan ngamuk, merusak stadion. Kalau emosi ditahan dan teriak saja. Tapi sekarang sudah beres,” pungkasnya.

Diberitahukan sebelumnya, Komisi X DPR RI gedung DPR melakukan pertemuan kepada kedua tuan rumah Asian Games 2018 yakni, DKI Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan. Pada rapat tersebut, Komisi X tersebut mendengarkan persiapannya terkait persiapan Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Baca Juga
Lihat juga...