DKI Jakarta Siap Lelang Jabatan

Editor: Mahadeva WS

276

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta akan segera melakukan lelang jabatan. Hal tersebut menjadi bagian dari kebijakan rotasi jabatan terhadap beberapa posisi di jajaran Pemprov DKI Jakarta yang mengakibatkan kekosongan pada posisi tersebut.

Hanya saja, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut belum bisa dipastikan kapan lelang jabatan itu akan dilakukan. “Nanti semua akan ada proses one promotion, di sana proses lelang jabatan silakan semuanya bisa terlibat dalam lelang jabatan,” kata Anies, Jumat (6/7/2018).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut mengatakan, seluruh pegawai negeri sipil yang aktif dari Eselon I dapat mengikuti proses lelang jabatan. “Semua PNS yang memenuhi persyaratan bisa mengikuti, ikuti peraturannya. Dia sampai posisi 4A, 4B itu sudah melalui proses kenaikan jabatan yang panjang, jadi sudah tahu,” ucapnya.

Diminta Anies, seluruh PNS di DKI tidak risau merespon kebijakan lelang jabatan tersebut. Dia berharap seluruh PNS yang masih bekerja tetap melayani masyarakat seperti biasa. “Tidak usah resah, selama anda belum terima surat. Jadi baru rumor aja, justru disitu letak ujiannya mereka yang konsisten, mereka yang fokus akan selalu bisa deliver pekerjaan. Jangan khawatir bagi mereka yang kinerjanya baik,” tandas Anies.

Melalui lelang jabatan, Anies berharap dapat menghadirkan pegawai yang baik dan dapat bekerja dengan baik. Hal tersebut akan berdampak langsung kepada warga Jakarta yang dilayani. “Saya tidak ingin warga Jakarta terbebani karena kinerja aparatur yang tidak sesuai rencana, ini untuk warga Jakarta, program kita untuk warga Jakarta bukan untuk gubernur,” tegas Anies.

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah mengatakan, delapan posisi jabatan dibuka secara nasional. “Ini lagi digodok, tapi kita kemarin posisinya ada delapan,” kata Saefullah.

Lelang jabatan berlaku bagi PNS yang ada di seluruh Indonesia baik yang bekerja pada tingkat kabupaten, kota, provinsi, maupun kementerian. Bagi yang berminat, disilakan untuk mendaftar. Salah satu posisi yang akan dilelang nasional ialah pejabat di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Pejabat di Bappeda, biasanya merujuk pada orang-orang yang saat ini bekerja di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). “Barangkali orang Bappenas nanti bisa bersaing di hadapan pansel memaparkan terobosan,” katanya.

Selain itu, posisi pejabat di Dinas Kesehatan bakal dibuka secara nasional. Delapan jabatan yang kosong diharapkan bisa diisi oleh PNS-PNS di luar Pemprov DKI. Namun, Saefullah belum mau membeberkan jabatan mana saja yang akan dilelang. “Sebentar lagi, kita nunggu waktu. Nanti lebih lanjut mana yang nasional mana yang DKI. Kira-kira yang nasional itu ada delapan jabatan. Ini lagi digodok. Nanti kita edarkan, pasti 1-2 hari ini kita edarkan,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.