banner lebaran

DKI Kirim 68 Atlet SOIna ke Riau

Editor: Mahadeva WS

210

JAKARTA – 68 atlet Special Olympics Indonesia (SOIna) DKI Jakarta akan bertanding di 12 cabang olahraga di Pekan Olahraga Nasional (PORNAS) ke-8 SOIna Riau pada 19 – 23 Juli 2018, di Pekanbaru, Riau. Adapun ke-12 cabang olahraga yang diikuti, antara lain Atletik, Bocce, Tenis Meja, Bulutangkis, Renang, Basket, Sepakbola, Futsal, Bowling, Bola Tangan, Bola Voli dan Senam Ritmik. 

“PORNAS ke-8 SOIna ini diselenggarakan untuk menyeleksi kurang lebih 120 atlet terbaik yang berasal dari seluruh Indonesia guna mengikuti event dunia Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2019 di Abu Dhabi-UEA Maret 2019 mendatang,” Ketua Umum Pengurus SOIna DKI Jakarta Ahmad A. Dzazimi seusai acara pelepasan oleh Gubernur DKI Anies Bawesda, Kamis (12/7/2018).

Pengurus Daerah (Pengda) SOIna DKI Jakarta telah menggelar pelatihan sepanjang tahun bagi atlet SOIna. Dan telah melaksanakan kompetisi bagi atletnya secara berkala. Pada Maret 2018 Lalu, Pengda SOIna DKI Jakarta telah melaksanakan Selekda SOIna untuk menseleksi atlet yang akan dikirim di PORNAS ke-8 SOIna.

Sejak 5 Juli 2018, delegasi DKI Jakarta sudah memasuki pemusatan latihan yang digelar di Rawamangun, Jakarta Timur. “Delegasi yang terpilih untuk bertanding di PORNAS ke-8 SOIna merupakan atlet-atlet terbaik SOIna DKI Jakarta yang telah berlatih dengan rajin dan memiliki prestasi yang luar biasa. Kami memberikan kesempatan kepada mereka untuk bisa memberikan dan membanggakan bagi warga DKI Jakarta. Dengan membuktikan bahwa mereka mampu dan bisa berprestasi,” tuturnya.

Sementara itu, sebanyak 13 orang delegasi SOIna akan kembali mengikuti perhelatan olahraga pemuda terbesar di dunia Gothia Cup 2018. SOIna kembali mengirimkan delegasi sepakbola untuk mengikuti Gothia Special Olympics Throphy 2018 di Gothenburg, Swedia pada 15–20 Juli 2018.

Tahun ini merupakan kali kedua SOIna mengirimkan delegasi untuk mengikuti kejuaraan tingkat dunia bagi pemuda tersebut. Berbeda dengan tahun sebelumnya, SOIna hanya mengirimkan atlet penyandang disabilitas, tahun ini, SOIna mengirimkan delegasi untuk bertanding secara unified atau gabungan antara atlet disabilitas intelektual dengan non-disable yang digabungkan menjadi satu tim.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap kontingen SOIna DKI Jakarta kembali bisa meraih prestasi. “Keterbatasan fisik bukanlah sebuah hambatan untuk dapat meraih prestasi dan berkarya. Selama di Pekanbaru, Riau, terus menjaga kebugaran dan siap untuk menjadi juara. Kepada Kontingen Sepakbola Difabel Provinsi DKI Jakarta agar siap mempertahankan sebagai Juara pada Turnamen Gothia Cup 2018,” ujarnya.

Gothia Special Olympics Trophy merupakan kejuaraan khusus anak-anak Disabilitas Intelektual untuk berpartisipasi dalam The World Youth Cup dengan cabang olahraga Sepak Bola. Gothia Special Olympics Trophy adalah sebuah kerjasama antara Piala Gothia, Olimpiade Khusus Eropa atau Eurasia, Special Olympics Swedia dan pemain nasional Swedia, Kim Källström.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.