Dubes Inggris: Indonesia, Inspirasi Umat Islam Dunia

Editor: Mahadeva WS

464
Dubes Inggris, Moazzam Malik pada halal bihalal Muhammadiyah di Gedung Pusat Dewan Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Rabu (4/7/2018). Foto : Sri Sugiarti.

JAKARTA – Indonesia berhasil mengendalikan keragaman yang dimiliki dan berhasil menciptakan perdamaian. Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik menyebut, Indonesia menjadi negara yang menginsipirasi umat Islam di Dunia.

Di Inggris hampir lima persen atau sekira 3 juta jiwa beragama Islam. 10 persen penduduk di ibu kota Inggris beragama Islam, dan 30 persen penduduk di kota terbesar kedua di Inggris, yaitu Birmngham juga beragama Islam. “Saya tinggal di Indonesia baru 3,5 tahun. Saya kira ada banyak yang bisa dipelajari dari Indonesia,” kata Malik saat menghadiri halal bihalal PP Muhammadiyah, Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Di Eropa dan Inggris umat Muslim disebutnya, semakin besar dan berperan untuk masa depan. Mereka belajar Islam di Indonesia. Karena Indonesia adalah negara yang maju baik keragaman, ekonomi dan sistem politik demokrasinya. “Jadi, saya pikir Indonesia bisa jadi inspirasi untuk umat Muslim di seluruh dunia,” tambah Malik.

Sebagai negara sahabat Indonesia, Inggris berkomitmen untuk selalu mendukung Indonesia. Namun Malik berharap agar para pemimpin politik dan tokoh agama bisa mengendalikan reputasi Indonesia dengan baik. “Jangan main-main dengan isu SARA. Itu akan merusak masa depan Indonesia sebagai negara percontohan bagi umat Muslim di seluruh dunia. Jadi ini tanggungjawab yang besar,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.