FIK UI Terapkan Posyandu Berbasis TI

217
Ilustrasi -Dok: CDN
DEPOK – Sejumlah dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI), melalui program Pengabdian Masyarakat, melakukan pendampingan teknologi informasi (TI) bagi para kader Posyandu, guna mendukung efektivitas dan efisiensi pelayanan kesehatan warga.
Ketua Tim Pengabdi Masyarakat FIK UI, Ns. La Ode A Rahman, mengatakan, program unggulan yang diusung adalah peralihan pencatatan kesehatan manual (kertas) ke berbasis teknologi (digital).
Program telah berlangsung sejak Juni hingga September 2018, dan mengambil Posyandu yang berlokasi di kelurahan Kukusan, kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat.
Tim Pengabdi Masyarakat FIK UI terdiri atas Ns. La Ode A Rahman, S.Kep, MBA., (ketua tim), Dr. Hanny Handiyani, S.Kp., Mkep; Ns. Muhammad Chandra, S.Kep dan tim IT.
Mereka hadir di Posyandu Cempaka dan Flamboyan Kota Depok dengan mengusung program bertajuk “Membangun Efikasi diri Kader Posyandu dengan Pemanfaatan Sistem Informasi Posyandu Terintegrasi sebagai Upaya Mendukung SDGs”.
Tujuan dari program ini adalah terlaksananya sistem pencatatan/dokumentasi Posyandu (yang mengacu pada tujuh format baku dari pemerintah) berbasis digital, yang terkelola dan terarsip dengan baik.
La Ode mengatakan, hingga saat ini sistem pencatatan di Posyandu umumnya masih konvensional atau manual menggunakan kertas, sehingga cenderung kurang efisien.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, pengelolaan data secara manual memiliki banyak kekurangan, baik dari segi waktu, keakuratan input dan proses data, serta pelaporan.
“Sistem pencatatan manual berbasis kertas cenderung tidak tertata dengan baik, bahkan kerap mengalami kesulitan dalam mengelola dan mencari data atau pun informasi, terkait kesehatan penerima manfaat Posyandu (ibu hamil, balita, lansia, remaja, kelompok rentan lainnya),” katanya.
Dalam pendampingan, tim menggelar sosialisasi, focus group discussion dan workshop kepada para Kader Posyandu.
Selain itu, guna mendukung terealisasinya sistem ini, Tim Pengabdi Masyarakat FIK UI memberikan dua unit Laptop sebagai inventaris kepada masing-masing posyandu. (Ant).
Baca Juga
Lihat juga...