Gajah Lampung Disiapkan Sambut Api Asian Games 2018

Editor: Koko Triarko

194
LAMPUNG – Pawai Obor Api Asian Games selalu menghadirkan cerita unik saat singgah di daerah yang dilaluinya. Sambutan penuh nuansa trandisional khas daerah setempat menjadi daya tarik tersendiri dalam Torcy Relay Api Asian Games 2018.
Tak mau ketinggalan, hal unik juga dilakukan Provinsi Lampung. Obor Api Asian Games bakal disambut gajah jinak Taman Nasional Way Kambas (TNWK) saat Api Asian Games singgah di provinsi ini pada 8 Agustus mendatang.
“Sudah ada permohonan dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Lampung agar kami mengirimkan satu ekor gajah jinak untuk menyambut Obor Api Asian Games,” ungkap Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas, Subakir, seperti dilansir laman resmi Asian Games 2018.
Meski begitu, Subakir mengaku belum memastikan persetujuan permohonan yang diajukan,  mengingat kewenangan izin pinjam gajah jinak TNWK berada di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sebagaimana diatur dalam Permenhut P.52 Tahun 2006 tentang Peragaan Satwa Liar yang Dilindungi.
Karena itu, lanjut Subakir, ia meminta agar Dispora mengirimkan surat permohonan dengan tujuan Dirjen KLHK yang memiliki wewenang. Subakir sendiri menyatakan, bahwa sesuai Permenhut, peminjaman satwa gajah diperbolehkan.
“Kami siap mengirimkan gajah Way Kambas kalau diizinkan. Kami minta Kadispora mengirim surat ke Dirjen KLHK, wewenangnya ada di sana. Saya tidak punya wewenang,” terangnya.
Terkait kriteria gajah jinak yang dipilih untuk menyambut Obor Api Asian Games 2018,  Subakir mengatakan, mengikuti petunjuk dokter hewan TN Way Kambas. Ia memastikan, gajah yang dikirim adalah gajah yang dalam kondisi sehat sesuai petunjuk dokter.
“Di Way Kambas ada 66 ekor gajah jinak, nanti yang dipilih tentunya gajah yang sehat. Dokter yang menentukan mana yang akan dikirim,” jelasnya.
Rombongan Kirab Obor Api Asian Games 2018 melintasi sejumlah daerah, dan dijadwalkan tiba di Kota Bandar Lampung, ibu kota Provinsi Lampung, pada 8 Agustus mendatang.
Asian Games 2018 digelar di Jakarta dan Palembang, pada 18 Agustus – 2 September 2018. Diikuti 45 negara dan akan mempertandingkan 40 cabang olahraga.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.