banner lebaran

Gubernur DKI Ingatkan Warga Pastikan Keamanan Tabung Gas

Editor: Koko Triarko

140
JAKARTA – Gubernur DKI, Anies Baswedan, meminta masyarakat untuk memastikan kompor dan tabung gas berfungsi dengan aman, tanpa kebocoran, supaya tidak terjadi ledakan gas seperti yang terjadi di Ruko Grand Wijaya II Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Kamis (12/7/2018) dini hari.
“Dari kejadian ini, kami imbau seluruh masyarakat memeriksa tabung gasnya, memastikan tak ada kebocooran, kerusakan, dan jika ada kecurigaan jangan ragu menyampaikan ke petugas, termasuk petugas kita di kelurahan atau pun lainnya,” ujar Anies, di rumah toko kawasan Grand Wijaya Centre, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/7/2018).
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, jika ada kecurigaan terhadap tabung gas, warga tidak perlu ragu melapor ke petugas di kelurahan atau petugas lainnya.
Menurut dia, saat ada kebocoran gas, risiko sangat fatal. Anies bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, lantaran terjadi pada saat aktivitas belum berjalan.
“Bila kejadian ini muncul pada siang hari, maka mungkin kita akan menyaksikan korban. Karena itu, kita mengimbau kepada masyarakat untuk memeriksa kembali tabung gasnya. Meskipun sudah yakin, bahwa di rumah tabung gasnya rapi, tetap dicek, pastikan kalau ada sedikit pun yang dicurigai, maka perbaiki kalau perlu diganti. Keamanan nomor satu,” katanya.
Anies menyerahkan penyelidikan kasus ini pada pihak kepolisian. Pemerintah Provinsi DKI, akan membantu membersihkan serpihan di lokasi, agar aktivitas bisa kembali berjalan normal.
Sementara itu, Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno, usai menjadi Keynote Speaker Acara Kuliah Umum Wawasan Ekonomi di UNJ Rawamangun Jakarta Timur, Kamis (12/7/2018), mengatakan, ledakan tabung gas dapat dihindari dengan cara melakukan perawatan dan pencegahan. Dia pun memberikan contoh untuk masyarakat, bila habis memakai kompor gas, seharusnya regulator yang dipasang ke tabung dilepas supaya aman.
“Ini tentunya bisa diatasi kalau kita lebih memperhatikan peliharaan dan memastikan, bahwa kita copot, jangan sampai ada yang berpotensi untuk menimbulkan ancaman kecelakaan,” ujarnya.
Dia berharap, ledakan gas tidak terulang lagi di kemudian hari. Sebab, Jakarta sebentar lagi akan menjadi tuan rumah dalam perhelatan iven olah raga terbesar se-Asia, sehingga dia meminta masyarakat untuk tetap menjaga kondusivitas lingkungan.
“Dan, memasuki Asian Games ini, kita harus memberikan pesan tegas, bahwa Jakarta aman dan kondusif untuk menyambut Asian Games,” katanya.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.